Nama Akun PlayStation ID Kini Bisa Diubah, Begini Caranya

Kompas.com - 11/04/2019, 16:04 WIB
PlayStation 4 ShutterstockPlayStation 4

KOMPAS.com - Setelah diuji coba tahun lalu melalui PlayStation Preview Program, Sony akhirnya meresmikan fitur penggantian nama gamer (ID) di PlayStation Network ( PSN).

Penggantian ID PSN ini merupakan fitur yang ditunggu-tunggu sejak lama oleh gamer yang berada di bawah naungan platform PSN.

Bagi yang belum tahu, PSN adalah layanan distribusi konten dan online gaming besutan Sony yang pertama kali dibuat untuk mendukung konsol game PlayStation 3, lalu berlanjut hingga PlayStation 4.

Sebelumnya, pengguna tak bisa mengubah ID mereka sesaat mendaftar akun PSN. Nama akun yang terdaftar itu bersifat permanen dan tidak bisa diubah-ubah.

Penggantian nama sendiri bisa dilakukan lewat konsol PS3 atau PS4, maupun peramban di PC dengan mengunjungi situs PSN.

Baca juga: Batal Beli Game di PlayStation Store, Uang Bisa Dikembalikan

Untuk menggantinya melalui PS4, pengguna cukup pergi ke menu Settings > Account Management > Account Information > Profile > Online ID.

Setelah itu, masukkan nama ID baru atau pilih dari salah satu rekomendasi yang diberikan oleh PSN. Kemudian, untuk menyelesaikan proses penggantian nama, ikuti proses selanjutnya sampai akhir sehingga ID berubah.

Berbayar

Perlu dicatat, penggantian nama ini tidak gratis. Pengguna diharuskan membayar pengguna diharuskan membayar 10 dollar AS (Rp 141.000) atau 5 dollar AS (Rp 70.000) untuk anggota PlayStation Plus. Meski begitu, Sony tetap menggratiskan penggantian ID untuk pertama kali.

Ketika ID pengguna PSN diganti, mereka tak perlu khawatir teman mereka di PSN tidak mengenali ID tersebut. Sebab, setelah mengubah ID, Sony memberi waktu selama 30 hari untuk menampilkan ID lama bersama dengan ID baru.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber SlashGear
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X