Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5G Akan Pakai Modem Samsung?

Kompas.com - 24/04/2019, 07:05 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Perdamaian Apple dengan Qualcomm membuat Intel terpental dari kancah persaingan chip modem 5G untuk iPhone. Apple disinyalir bakal menggandeng Qualcomm sebagai pemasok modem 5G untuk ponsel buatannya, alih-alih Intel.

Kendati demikian, memasok chip modem canggih untuk jutaan iPhone 5G yang diperkirakan akan rilis pada 2020 bukan pekerjaan enteng.

Baca juga: Apple dan Qualcomm Damai, Intel Tersingkir dari 5G Smartphone

Sebab itulah belakangan muncul kabar bahwa Apple akan turut merangkul Samsung sebagai rekanan pemasok chip 5G untuk iPhone. Prediksi ini muncul dari analis Ming-Chi Kuo yang dikenal sebagai pembocor andal soal informasi produk mendatang dari Apple.

“Apple agaknya akan memakai chip 5G Qualcomm (fokus untuk pasar teknologi 5G mmWave) dan Samsung (fokus untuk pasar Sub-6 GHz) untuk mengurangi risiko pasokan, mengurangi biaya, dan mendapat posisi tawar lebih baik,” kata Kuo,

Sub-6 GHz dan mmWave (millimeter wave) adalah dua teknologi spektrum frekuensi berbeda untuk penerapan 5G. Dari prediksi Kuo, agaknya Apple akan membedakan chip modem iPhone berdasarkan teknologi 5G yang diadopsi di wilayah pemasarannya.

Samsung merupakan salah satu pabrikan yang sudah menelurkan chip modem 5G untuk perangkat mobile, di samping Qualcomm, Huawei, dan Intel sebelum lempar handuk.

Baca juga: Samsung Mulai Produksi Chip 5G Exynos 5100

Chip Exynos 5100 bikinan Samsung merupakan modem multi-mode yang ikut mendukung teknologi jaringan sebelumnya, yakni 4G, 3G, dan 2G, di samping mmWave dan sub-6 GHz untuk 5G.

Exynos 5100 sudah digunakan di ponsel Galaxy S10 5G buatan Samsung sendiri yang baru-baru ini dirilis di Korea Selatan.

Dengan hadirnya teknologi 5G di iPhone, Kuo memproyeksikan angka permintaan terhadap ponsel buatan Apple itu bakal ikut terdongkrak pada 2020.

“Kami memprediksi angka pengiriman iPhone akan mencapai 188-192 juta unit pada 2019 dan 195-200 juta unit pada 2020,” ujar Kuo, dirangkum KompasTekno dari CNBC, Selasa (23/4/2019).

Intel sudah menyerah di bisnis chip 5G untuk ponsel dan bisa dibilang tak akan memasok komponen itu ke Apple. Huawei juga telah membantah dugaan bahwa pihaknya akan memasok modem 5G untuk iPhone.

Tinggallah dua nama sebagai calon supplier chip modem 5G untuk Apple, yakni Qualcomm dan Samsung.

Baca juga: Huawei Bantah Bantu Apple Bikin iPhone 5G

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com