Fitur-fitur yang Serba Pertama di Realme X

Kompas.com - 15/05/2019, 19:02 WIB
Derek Wang, Chief Product Officer Realme, saat memperkenalkan Realme X Lite di Beijing, China, Rabu (15/5/2019).
KOMPAS.com/Bill Clinten Derek Wang, Chief Product Officer Realme, saat memperkenalkan Realme X Lite di Beijing, China, Rabu (15/5/2019).

BEIJING, KOMPAS.com - Realme baru saja memperkenalkan Realme X lewat sebuah acara peluncuran di Beijing, China, Rabu (15/5/2019).

Ponsel tersebut memiliki dua fitur yang hadir pertama kali untuk Realme, yaitu kamera selfie "pop-up" dan pemindai sidik jari di dalam layar (in-display fingerprint sensor).

Lantas, bagaimana kehebatan dua fitur yang dijagokan Realme dalam Realme X ini?

Kamera Pop-Up

Realme X dibekali dengan layar notchless seluas 6.5 inci. Karena tanpa poni, Realme X mengandalkan mekanisme "pop-up" untuk kamera selfie yang beresolusi 16 megapiksel (bukaan lensa f/2.0, sensor Sony IMX 471).

Realme mengklaim kamera selfie Realme X sarat dengan teknologi AI, baik dari mekanisme naik turunnya, hingga hasil penjepretan kamera tersebut.

Kamera selfie dengan mekanisme Pop-up di bagian tengah atas Realme X.KOMPAS.com/Bill Clinten Kamera selfie dengan mekanisme Pop-up di bagian tengah atas Realme X.
"Realme X dibekali dengan teknologi AI yang lebih pintar dari kamera selfie lain," ujar Derek Wang, Chief Product Officer Realme, di panggung peluncuran.

Baca juga: Realme X Resmi Meluncur dengan Kamera Pop-up

Waktu yang dibutuhkan untuk memunculkan kamera dari keadaan tertutup diklaim sangat singkat, yakni hanya 0,74 detik.

Kamera ini juga diklaim tahan naik-turun hingga 200.000 kali. Jika pemilik Realme X menggunakan kamera selfie sebanyak 100 kali naik-turun dalam sehari, maka kamera selfie ini disebut bisa bertahan hingga 5 tahun.

Realme X varian warna biru.KOMPAS.com/Bill Clinten Realme X varian warna biru.
Kamera selfie Realme X juga dilapisi dengan kaca berbahan safir, sehingga terlindungi dari goresan. Ketika jatuh dan kamera selfie sedang menyembul, maka kamera tersebut juga secara otomatis akan ditarik ke dalam.

Kamera depan Realme X juga dilengkapi dengan fitur AI untuk mempercantik hasil jepretan secara otomatis, misalnya AI Beauty untuk mempercantik wajah dalam berbagai scene.

In-Display Fingerprint Sensor

Selain kamera selfie "pop-up", Realme X juga dibekali dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layar.

Pemindai sidik jari Realme X diklaim memiliki jangkauan (dynamic range) yang lebih luas 30 persen dari in-display fingerprint ponsel lainnya.

Sensor sidik jari di layar ponsel Realme X, diklaim menjangkau permukaan 30 persen lebih luas.KOMPAS.com/Bill Clinten Sensor sidik jari di layar ponsel Realme X, diklaim menjangkau permukaan 30 persen lebih luas.
Modul in-display fingerprint sensor Realme X diperkuat dengan DSP acceleration. Artinya, kunci layar smartphone diklaim dapat terbuka dengan cepat.

Baca juga: Realme X Lite Meluncur, Murah dan Mirip Realme 3 Pro

Realme mengklaim kecepatan "unlock" pemindai sidik jari Realme X lebih cepat 65 persen dari teknologi fingerprint generasi kelima dan 8 persen lebih cepat dibandingkan dengan teknologi generasi keenam.

"Teknologi fingerprint Realme X juga lebih cepat 65 persen dari teknologi fingerprint generasi kelima," kata Wang.

Tak hanya itu, pemindai sidik jari Realme X juga dibekali dengan compensated projection, di mana fitur biometrik ini bisa digunakan di bawah kondisi cahaya matahari yang cukup terang.




Close Ads X