Fitur-fitur yang Serba Pertama di Realme X

Kompas.com - 15/05/2019, 19:02 WIB
Derek Wang, Chief Product Officer Realme, saat memperkenalkan Realme X Lite di Beijing, China, Rabu (15/5/2019).
KOMPAS.com/Bill Clinten Derek Wang, Chief Product Officer Realme, saat memperkenalkan Realme X Lite di Beijing, China, Rabu (15/5/2019).

BEIJING, KOMPAS.com - Realme baru saja memperkenalkan Realme X lewat sebuah acara peluncuran di Beijing, China, Rabu (15/5/2019).

Ponsel tersebut memiliki dua fitur yang hadir pertama kali untuk Realme, yaitu kamera selfie "pop-up" dan pemindai sidik jari di dalam layar (in-display fingerprint sensor).

Lantas, bagaimana kehebatan dua fitur yang dijagokan Realme dalam Realme X ini?

Kamera Pop-Up

Realme X dibekali dengan layar notchless seluas 6.5 inci. Karena tanpa poni, Realme X mengandalkan mekanisme "pop-up" untuk kamera selfie yang beresolusi 16 megapiksel (bukaan lensa f/2.0, sensor Sony IMX 471).

Realme mengklaim kamera selfie Realme X sarat dengan teknologi AI, baik dari mekanisme naik turunnya, hingga hasil penjepretan kamera tersebut.

Kamera selfie dengan mekanisme Pop-up di bagian tengah atas Realme X.KOMPAS.com/Bill Clinten Kamera selfie dengan mekanisme Pop-up di bagian tengah atas Realme X.
"Realme X dibekali dengan teknologi AI yang lebih pintar dari kamera selfie lain," ujar Derek Wang, Chief Product Officer Realme, di panggung peluncuran.

Baca juga: Realme X Resmi Meluncur dengan Kamera Pop-up

Waktu yang dibutuhkan untuk memunculkan kamera dari keadaan tertutup diklaim sangat singkat, yakni hanya 0,74 detik.

Kamera ini juga diklaim tahan naik-turun hingga 200.000 kali. Jika pemilik Realme X menggunakan kamera selfie sebanyak 100 kali naik-turun dalam sehari, maka kamera selfie ini disebut bisa bertahan hingga 5 tahun.

Realme X varian warna biru.KOMPAS.com/Bill Clinten Realme X varian warna biru.
Kamera selfie Realme X juga dilapisi dengan kaca berbahan safir, sehingga terlindungi dari goresan. Ketika jatuh dan kamera selfie sedang menyembul, maka kamera tersebut juga secara otomatis akan ditarik ke dalam.

Kamera depan Realme X juga dilengkapi dengan fitur AI untuk mempercantik hasil jepretan secara otomatis, misalnya AI Beauty untuk mempercantik wajah dalam berbagai scene.

In-Display Fingerprint Sensor

Selain kamera selfie "pop-up", Realme X juga dibekali dengan sensor pemindai sidik jari di dalam layar.

Pemindai sidik jari Realme X diklaim memiliki jangkauan (dynamic range) yang lebih luas 30 persen dari in-display fingerprint ponsel lainnya.

Sensor sidik jari di layar ponsel Realme X, diklaim menjangkau permukaan 30 persen lebih luas.KOMPAS.com/Bill Clinten Sensor sidik jari di layar ponsel Realme X, diklaim menjangkau permukaan 30 persen lebih luas.
Modul in-display fingerprint sensor Realme X diperkuat dengan DSP acceleration. Artinya, kunci layar smartphone diklaim dapat terbuka dengan cepat.

Baca juga: Realme X Lite Meluncur, Murah dan Mirip Realme 3 Pro

Realme mengklaim kecepatan "unlock" pemindai sidik jari Realme X lebih cepat 65 persen dari teknologi fingerprint generasi kelima dan 8 persen lebih cepat dibandingkan dengan teknologi generasi keenam.

"Teknologi fingerprint Realme X juga lebih cepat 65 persen dari teknologi fingerprint generasi kelima," kata Wang.

Tak hanya itu, pemindai sidik jari Realme X juga dibekali dengan compensated projection, di mana fitur biometrik ini bisa digunakan di bawah kondisi cahaya matahari yang cukup terang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X