Peta Sebaran Jaringan 5G di Dunia dari Pembuat Speedtest

Kompas.com - 20/05/2019, 20:02 WIB
Ilustrasi 5GSHUTTERSTOCK Ilustrasi 5G

KOMPAS.com - Ookla, perusahaan pembuat aplikasi Speedtest untuk mengukut kecepatan internet, baru-baru ini merilis sebuah peta interaktif.

Alih-alih berfungsi sebagai navigasi, peta ini menampilkan sejumlah operator yang telah menggelar jaringan 5G mereka di beberapa titik di seluruh dunia, baik secara komersil maupun secara terbatas.

Penyebaran 5G di peta diwakili dengan lingkaran berisi angka yang menujukkan jumlah titik ketersediaan jaringan tersebut di tiap tempat.

Baca juga: Dari Samsung Hingga Oppo, Ini Deretan Ponsel 5G yang Hadir di 2019

Misalnya, jika meng-klik angka "2",  maka akan muncul jendela "pop-up" yang akan menampilkan di mana lokasi dua titik jaringan 5G itu.

Keterangan yang tersedia di dalam jendela ini disertai dengan informasi operator yang menyediakan jaringan 5G dan jangkauannya, baik secara komersil maupun terbatas.

Ilustrasi peta penyebaran 5G OoklaOokla Ilustrasi peta penyebaran 5G Ookla

Peta 5G ini diperbarui secara mingguan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Ookla, Senin (20/5/2019).

Hingga kini, Ookla mencatat ada 20 operator seluler yang telah menggelar jaringan 5G yang tersebar di 303 titik kota.

Ookla juga mengumumkan penambahan titik 5G di peta serta kabar terbaru terkait operator yang menggelar 5G melalui halaman Twitter mereka.

Baca juga: Jaringan 5G Diprediksi "Booming" 2024

Unggahan Ookla di jejaring sosial itu sendiri bakal tampil sebagai floating window di sebelah kanan peta interaktif 5G tersebut.

Dengan kata lain, jika Anda ingin mengetahui kabar terkini tentang ketersediaan 5G, agaknya Anda bisa memantau peta 5G dari Ookla ini. Peta interaktif penyebaran 5G Ookla bisa dilihat di tautan berikut.




Close Ads X