Google Perbaiki Hasil Foto "Peyang" karena Lensa "Ultra-Wide" di Ponsel

Kompas.com - 20/06/2019, 14:23 WIB
Salah satu contoh koreksi distorsi pada foto wajah tangkapan lensa kamera ultra wide dengan software Google. YiChang Shih/ GoogleSalah satu contoh koreksi distorsi pada foto wajah tangkapan lensa kamera ultra wide dengan software Google.

KOMPAS.com - Dibandingkan lensa kamera wide standar, lensa ultra-wide memiliki bidang pandang yang jauh lebih luas. Belakangan semakin banyak ponsel yang menyematkan lensa ultra-wide karena dinilai lebih mumpuni untuk menjepret pemandangan, arsitektur, hingga group photo.

Sayangnya ada kekurangan berupa distorsi yang bisa membuat bangunan jadi tampak miring. Sementara, wajah orang di foto bisa terlihat "peyang" seolah tertarik (stretched), terutama untuk orang yang berada di pinggir frame foto.

Koreksi distorsi semacam ini sulit dilakukan lantaran perubahan untuk "meluruskan" wajah peyang tadi malah bisa mempengaruhi tampilan subyek lain dalam foto.  

Nah, sekelompok peneliti dari Google dan kampus Universitas Massachussetts Institute of Technology (MIT) belakangan mengembangkan software khusus untuk mengatasi masalah distorsi lensa ultra-wide dengan mudah dan otomatis.

Software dimaksud merupakan algoritma content aware yang bisa mengenali isi foto, lantas memperbaiki tampilan hanya di bagian wajah yang terdistorsi dengan teknik warping mesh.


Transisi antara wajah hasil koreksi dan elemen lain dalam foto pun bisa dibikin mulus sehingga tak kentara telah diperbaiki.

"Algoritma ini sepenuhnya bekerja secara otomatis dan beroperasi dengan tingkat interakfif di platform mobile," tulis tim peneliti dalam laporan riset pengembangan software yang bersangkutan.

Mereka menyebutkan bahwa sang software bisa bekerja memperbaiki distorsi wajah di hasil jepretan kamera berlensa lebar dengan cakupan bidang pandang mulai 70 derajat hingga 120 derajat.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (19/6/2019), lantaran para peneliti dalam proyek ini dipekerjakan oleh Google, ada peluang software koreksi distorsi tersebut nantinya akan diterapkan di ponsel seri Pixel bikinan sang raksasan interet.

Google sendiri memang dikenal memakai aneka trik software untuk memaksimalkan kualitas dan menerapkan aneka efek visual di foto jepretan ponsel Pixel. Bukan tidak mungkin nantinya Pixel akan memiliki kamera ultra-wide yang bebas distorsi wajah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PetaPixel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X