Kamera Putar Asus Zenfone 6 Disiksa, Begini Nasibnya

Kompas.com - 22/06/2019, 16:33 WIB
Tangkapan layar video flip camera Asus Zenfone 6 digores dengan pisau.YouTube/JerryRigEveryhthing Tangkapan layar video flip camera Asus Zenfone 6 digores dengan pisau.

KOMPAS.com - Asus Zenfone 6 resmi dirilis bulan Mei lalu di Valencia, Spanyol. Baru sebulan lebih usianya, ponsel flagship ini sudah menjadi target siksaan JerryRigEverything, YouTuber yang hobi menguji tes ketangguhan ponsel anyar.

Seperti biasa, ia melakukan beberapa tes seperti menggores layar dengan pisau, membakar layar, hingga membengkokan ponsel. Tapi khusus di Zenfone 6 ini, Jerry sengaja fokus menguji ketangguhan kamera putar atau flip camera yang menjadi fitur unggulan.

Siksaan kamera putar sudah dimulai sejak awal video. Asus mengklaim kamera putar di Zenfone 6 akan tetap awet hingga 100.000 kali flip atau rata-rata 100 kali sehari selama tiga tahun penuh.

Baca juga: Asus Zenfone 6 Meluncur dengan Kamera Putar

Kamera ini akan naik secara otomatis saat pengguna membuka aplikasi kamera untuk selfie. Tapi Jerry coba membukanya secara paksa secara manual dengan jari. Sejatinya, cara itu sulit dilakukan apabila flip camera terbenam rapat di rongganya.

Jika ada sedikit celah antara kamera dan rongga, maka cara manual mungkin untuk dilakukan. Kamera ini juga dilengkapi sensor deteksi saat ponsel saat jatuh. Ketika kamera dibuka dan jatuhkan secara mendadak, flip camera akan menutup dengan cepat.

Ia juga mengibaskan ponsel dengan memegang rumah kameranya saja sebelum membenturkan kamera ke permukaan meja kaca beberapa kali. Hasilnya, kamera putar Zenfone 6 tetap aman dan bisa digunakan secera normal.

"Unit kameranya sangat kuat, lebih dari yang saya bayangkan," akunya.

Setelah puas dengan kamera, ia menguji ketangguhan layar. Seperti biasa dia coba menggores layar berukuran 6,4 inci itu dengan pena uji yang memiliki hardness level (Mohs) 2 hingga 9.

Tampak goresan halus mulai muncul di angka enam atau area bawah layar, dan semakin jelas di level tujuh. Hasil ini sebanding dengan kebanyakan ponsel lain yang beredar di pasaran. Untuk diketahui, layar Zenfone 6 ini telah dilengkapi Corning Gorilla Glass 6.

Pisau kemudian diarahkan ke bagian earpiece yang terbuat dari plastik. Setelah digores, lapisan plastik tampak terkelupas. Goresan kemudian dilakukan ke bagan sisi kanan, kiri, dan atas, termasuk rumah modul kamera serta rongga kamera yang terbuat dari logam. 

Panel pemindai sidik jari juga tidak luput dari goresan. Terlihat lapisan panel sedikit terkelupas, namun masih tetap berfungsi dengan normal.

Baca juga: Infografik Sejumlah Ponsel dengan Kamera Flip dan Pop-up

Jerry kembali menguji kamera putar. Namun kali ini, ia hanya ingin mengetahui apakah flip camera masih bisa terangkat jika ada beban. Kamera putar gagal terangkat saat dibebani buku panduan dan obeng.

Pengujian dilanjutkan dengan membakar layar IPS LCD. Setelah delapan detik, noda hitam mulai muncul di tengah layar. Namun layar kembali normal setelah beberapa saat.

Terakhir, Jerry menguji ketahanan perangkat dengan membengkokannya. Sebelum membengkokan bodi, ia coba membengkokan kamera dengan menarik dan memutarnya secara paksa.

Zenfone 6 juga lolos uji pembengkokan. Terbukti tidak ada retakan di sisi manapun saat Jerry membengkokan bodi ponsel yang dibekali baterai 5.000 mAh itu dari dua sisi yang berlawanan.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X