Apple Stop Penjualan MacBook 12 Inci dan MacBook Air Lawas

Kompas.com - 10/07/2019, 14:56 WIB

KOMPAS.com - MacBook 12 inci dan MacBook Air 13 inci tipe lama menyusul nasib MacBook Air 11 inci yang sudah tamat riwayatnya sejak 2016. Pekan ini, penjualan kedua laptop lawas tersebut disetop oleh Apple.

Apple memangkas MacBook Air 12 inci dan MacBook Air 13 inci bersama dengan peluncuran MacBook Air (Retina, 2019) 13 inci yang turun harga, dan MacBook Pro 13 inci (2019) yang kini dibekali Touch Bar seperti model 15 inci. 

Baca juga: Daftar MacBook yang Bisa Update ke MacOS 10.15 Catalina

Dengan penyetopan itu, lini laptop MacBook jadi lebih ringkas dan terdiri dari tiga model, yakni Retina MacBook Air 13 inci, berikut MacBook Pro dengan Touch Bar 13 inci serta 15 inci.  

MacBook 12 inci diperkenalkan tahun 2015 dengan mengunggulkan desain yang ramping dan bodi yang ringan dengan bobot 0,92 kilogram. Sebagai perbandingan, MacBook Air 13 inci memiliki bobot 1,25 kilogram. 

Soal harga, MacBook dibanderol lebih mahal dibanding MacBook Air, meskipun fitur yang ditawarkan lebih sedikit dan performanya dinilai lebih lamban dibanding MacBook Air. 

Ilustrasi Apple MacBook Air 13 inci.Apple Ilustrasi Apple MacBook Air 13 inci.
Nasib MacBook 12 inci juga menjadi abu-abu saat MacBook Air 13 inci generasi baru diluncurkan tahun lalu.

Pasalnya, MacBook Air menawarkan harga lebih murah, port lebih banyak, fitur pemindai sidik jari Touch ID, dan usia baterai yang lebih awet.

Baca juga: Sering Bermasalah, Keyboard "Butterfly" MacBook Bakal Diganti?

Ini bukan kali pertama Apple menyetop lini MacBook.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS tersebut menyetop penjualan MacBook original yang bercangkang plastik pada tahun 2010, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5Mac, Rabu (10/7/2019).

Sementara itu, MacBook Air (Retina, 2019) 13 inci terbaru harganya diturunkan 100 dollar AS menjadi 1.099 dollar AS (Rp 15,5 juta) sekaligus menerima sejumlah fitur baru seperti layar True Tone.

Lalu, MacBook Pro 13 inci mendapat fitur Touch Bar, prosesor Intel Core Generasi ke-8, chip sekuriti Apple T2, serta Touch ID. Harganya dpatok mulai  1.299 dollar AS (Rp 18,3 juta).

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.