Pengguna Media Sosial Sudah Menembus Angka 3,5 Miliar

Hampir Setengah Penduduk Bumi Sudah "Melek" Media Sosial

Kompas.com - 20/07/2019, 16:37 WIB
ilustrasi ponsel Thinkstockilustrasi ponsel

KOMPAS.com - Lebih dari 3,5 miliar manusia di bumi bergabung ke media sosial, menurut laporan terbaru dari We Are Social dan Hootsuite bulan Juli 2019. Jumlahnya naik dari laporan yang sama dua tahun lalu, di mana total pengguna media sosial di dunia mencapai 3 miliar.

Artinya, 46 persen atau hampir setengah dari total populasi manusia di dunia adalah pengguna aktif media sosial. Dalam setahun, pertumbuhan pengguna media sosial secara global mencapai lebih dari seperempat miliar.

Baca juga: Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia

Penetrasi media sosial diprediksi bakal melewati angka 60 persen dalam beberapa bulan ke depan. Sebanyak 3,4 juta pengguna lebih aktif bermedia sosial menggunakan perangkat mobile atau sebesar 45 persen dari total populasi manusia.

Statistik pengguna media sosial secara global menurut laporan We Are Social dan Hootsuite bulan Juli 2019.We Are Social via The Next Web Statistik pengguna media sosial secara global menurut laporan We Are Social dan Hootsuite bulan Juli 2019.

Riset ini juga menampilkan data konsumsi media sosial di kalangan remaja usia 13-17 tahun. Usia ini adalah usia minimal untuk mendaftarkan akun media sosial. Facebook masih menjadi raja media sosial global dengan 113,3 juta pengguna aktif di rentang usia tersebut.

Jumlahnya naik hampir 5 persen dalam tiga bulan terakhir. Total pengguna Facebook hingga bulan Juli 2019 mencapai 1,9 miliar.

Sementara Snapchat menjadi aplikasi populer kedua dengan total 66,9 juta pengguna usia 13-17 tahun. Snapchat mengalami pertumbuhan jumlah pengguna sebesar 19 persen dalam tiga bulan terakhir.

Statistik pengguna usia 13-17 tahun aplikasi media sosial Facebook, Snapchat, Instagram, dan Twitter.We Are Social via The Next WebA Statistik pengguna usia 13-17 tahun aplikasi media sosial Facebook, Snapchat, Instagram, dan Twitter.

Hingga Juli 2019, total pengguna Snapchat dari segala usia mencapai 369 juta. Jumlah ini naik hampir 60 juta pengguna, terhitung sejak bulan April, dilansir KompasTekno dari The Next Web, Sabtu (20/7/2019).

Baca juga: Riset: Penetrasi Internet Indonesia Naik Jadi 56 Persen

Di belakang Snapchat berdiri sang pesaing, Instagram, yang memiliki 52,9 juta pengguna usia 13-17 tahun. Total pengguna Instagram dari beragam usia mencapai 849,3 juta pengguna.

Sementara di posisi keempat ada Twitter dengan total pengguna usia 13-17 tahun sebanyak 20,2 juta pengguna. Total pengguna Twitter mencapai 254 juta.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X