Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Instagram, TikTok Kini Punya Stiker GIF

Kompas.com - 03/08/2019, 14:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi berbagai video, TikTok kini memiliki fitur stiker GIF, mirip dengan platform pesaingnya Instagram.

TikTok bekerja sama dengan pustaka GIF online, Giphy, di mana pengguna bisa membuat GIF nya sendiri lalu memasangnya di video mereka.

"Kami sanagt senang melanjutkan peningkatan tool kreatif kami dengan integrasi ini dan juga membagi beberapa meme ikonik dengan Giphy," jelas perwakilan TikTok.

Pengguna bisa menemukan stiker GIF di menu "Giphy" lalu mengetik "TikTok" di kolom penacarian. Untuk menemukan lebih banyak GIF, bisa mengetik "#getGiphy".

Kemudian, pilih stiker GIF yang diinginkan untuk menghiasi video agar lebih atraktif. Dengan fitur ini, TikTok juga semakin membuat kreator video lebih tenar.

Baca juga: Pemilik TikTok Pastikan Bikin Smartphone

Sebab, kebanyakan stiker GIF yang tertera di Giphy berasal dari meme TikTok yang ikonik.

GIF TikTokEngadget GIF TikTok

"TikTok bekerja sama dengan para kreator dan Giphy Studio untuk mempopulerkan meme TikTok menjadi GIF," jelas perwakilan TikTok, dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (3/8/2019).

Pengguna juga bisa membuat stiker GIF-nya sendiri. Namun, GIF yang mereka buat tidak akan muncul di indeks kecuali akun Giphy mereka sudah terverifikasi.

Bagi TikTok, ini adalah kali pertama bekerja sama dengan aplkasi pihak ketiga khusus untuk stiker GIF. Namun bagi Giphy, TikTok bukanlah pertama. Snapchat dan Instagram lebih dulu menggandengnya untuk menyediakan stiker GIF di stories.

Baca juga: Halaman Utama TikTok Bakal Mirip Instagram?

Bulan Juli lalu, induk TikTok, ByteDance mengumumkan bahwa hingga bulan Juli 2019, pengguna aktif bulanan TikTok mencapai 1,5 miliar. Aplikasi yang dikenal sebagai "Douyin" di China ini semakin populer di Amerika Utara dan Asia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com