Samsung Galaxy Note 10 Tak Kompatibel dengan Gear VR

Kompas.com - 12/08/2019, 10:02 WIB
Ilustrasi Samsung Gear VRTheVerge Ilustrasi Samsung Gear VR

 

KOMPAS.com - Duo ponsel Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+diperkenalkan dengan sejumlah fitur mentereng, mulai dari fitur 3D Scanner dan efek bokeh video pada fitur kameranya, hingga pena digital penunjang ponsel S-Pen yang kini diperbarui.

Namun, ada satu fitur yang tidak dilirik oleh Samsung untuk disematkan dalam perangkat Galaxy Note terbaru ini. Fitur tersebut adalah dukungan perangkat headset Virtual Reality (VR) besutan Samsung, Gear VR.

Samsung mengonfirmasi bahwa headset Gear VR ternyata tidak kompatibel dengan ponsel Galaxy Note terbaru.

Baca juga: Selisih Harga Rp 5 Juta, Ini Beda Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

"Gear VR tidak kompatibel dengan Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus," kata Samsung sebagaimana dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (12/8/2019).

Belum diketahui secara pasti mengapa pabrikan asal Korea Selatan itu memutuskan untuk melenyapkan dukungan headset VR bikinannya sendiri itu.

Namun, langkah Samsung ini bisa mengancam masa depan headset Gear VR.

Belum lagi headset VR standalone yang sudah dibekali dengan layar, seperti perangkat Oculus besutan Facebook, sedang naik daun dan perlahan menggeser pamor headset VR yang menggunakan ponsel seperti Gear VR atau Google Cardboard.

Kendati begitu, Samsung mengatakan bahwa pihaknya bakal terus melirik bidang VR dan AR di kemudian agar konsumennya bisa merasakan pengalaman dunia virtual.

"Kami tetap berkomitmen agar terus berinovasi dalam ranah VR dan AR untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen kami," imbuh pihak Samsung.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Plus Punya Kamera Keempat, Apa Fungsinya?

Belum bisa dipastikan apakah dukungan Gear VR akan disetop secara permanen pada ponsel-ponsel flagship Samsung ke depannya atau tidak.

Ponsel flagship Samsung terakhir yang mendukung headset Gear VR adalah jajaran seri Galaxy S10. Di perangkat-perangkat tersebut, headset Gear VR bisa digunakan dengan bantuan adapter.

Samsung sendiri masih memampang halaman produk Gear VR  di situs resminya. Namun, perangkat itu tampak tidak bisa dibeli lagi oleh para konsumen. Pemilik Galaxy Note 10 pun tidak bisa memakainya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X