Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Twit Orang Lain di Twitter Tanpa Ketahuan Follower

Kompas.com - 16/09/2019, 20:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa yang Anda gunakan untuk menyimpan kicauan favorit? Kebanyakan pengguna Twitter akan menggunakan like (suka) - dulu bernama favorit - untuk menyimpan kicauan favorit termasuk artikel untuk dibaca di lain waktu atau dibaca berulang kali.

Akan tetapi, mengetuk ikon "hati" akan memunculkan twit tersebut di linimasa pengikut (follower) sehingga mereka pun akan ikut tahu tweet apa saja yang Anda simpan.

Nah, Twitter sebenarnya punya cara lain agar twit yang Anda sukai atau artikel yang ingin dibaca di lain waktu tersimpan secara rahasia tanpa ketahuan oleh para follower.

Baca juga: Akun Twitter CEO Twitter Dibajak Pakai SMS

Fitur tersebut adalah fitur bookmarks yang dirilis setahun lalu. Cara menggunakannya pun mudah. Bookmarks bisa ditemukan dengan mengetuk ikon "share" atau bagikan di bawah postingan yang ingin di simpan.

Ikon ini terletak di paling kanan, bersebalahan dengan ikon "like". Di Android, ikon "share" dilambangkan titik tiga yang saling terhubung. Sementara di iOS dan versi web, ikon ini mirip dengan ikon unggah dengan anak panah menghadap ke atas.

Cara mencari menu bookmarks dengan mengetuk ikon share di bawah postingan yang ingin disimpan.Kompas.com Cara mencari menu bookmarks dengan mengetuk ikon share di bawah postingan yang ingin disimpan.

Setelah mengetuk "share", pilih "Add to bookmarks". Secara otomatis, kicauan tersebut akan tersimpan di bookmarks secara rahasia dan dapat dibuka kapan saja.

Baca juga: Twitter Update Tampilan Desktop, Apa yang Berubah?

Membuka daftar bookmark

Cara menemukan twit yang telah disimpan juga tidak sulit. Untuk versi mobile, klik foto profil di pojok kiri atas. Kemudian pilih "bookmarks" yang terletak di antara menu "list" dan "moments".

Di versi mobile, daftar bookmarks bisa dibuka dengan mengetuk profil, lalu pilih menu bookmarks.How to Geek Di versi mobile, daftar bookmarks bisa dibuka dengan mengetuk profil, lalu pilih menu bookmarks.

Semua kicauan yang telah disimpan akan terkumpul di bookmarks dan tersusun secara kronologis dari atas ke bawah. Bookmarks akan lebih mudah ditemukan di Twitter versi web. Setelah masuk ke akun Twitter, menu bookmarks akan muncul di sisi kiri layar.

Di versi web, daftar bookmarks bisa dibuka langsung dengan mengklik menu bookmarks di sisi kiri layar.Kompas.com Di versi web, daftar bookmarks bisa dibuka langsung dengan mengklik menu bookmarks di sisi kiri layar.

Menghapus daftar bookmarks

Daftar kicauan yang disimpan pun bisa dihapus. Misalnya saja artikel yang disimpan telah selesai dibaca atau sekadar ingin merapikan bookmarks.

Menghapus bookmarks di TwitterHow to Geek Menghapus bookmarks di Twitter

Caranya mudah saja, cukup ketuk lagi ikon "share" di bawah kicauan yang dipilih. Kemudian pilih "Remove Tweet from "bookmarks". Posting tersebut akan langsung terhapus dari daftar bookmarks. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com