Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Update Tampilan Desktop, Apa yang Berubah?

Kompas.com - 16/07/2019, 15:46 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Twitter merombak tampilan versi desktop menjadi lebih mirip dengan versi aplikasi mobile. Tampilannya dibuat lebih sederhana, ringkas dan lebih ringan.

Kali ini Twitter kembali mengubah desain tampilannya. Selain mengubah tampilan, Twitter pun membawa sejumlah fitur yang semula hanya ada pada aplikasi mobile ke versi desktop.

Pada tampilan baru ini menu-menu utama dan navigasi difokuskan pada sisi kiri. Di sana pengguna juga akan menemukan menu tambahan bernama "Explore".

Jika Anda sering menggunakan Twitter pada smartphone, menu ini tentunya tak lagi asing. Pada menu Explore ini pengguna akan dapat menemukan segala macam konten yang sesuai dengan minat masing-masing, mulai dari kicauan, video, gambar, hingga live streaming.

Baca juga: Tak Perlu Dua Twit, Twitter Kini Bisa Langsung Tambah Gambar di Retweet

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (16/7/2019), selain menu Explore, ada pula fitur Bookmark di sisi yang sama. Ini merupakan pertama kalinya fitur Bookmark hadir pada Twitter desktop ini.

Dengan Bookmark, pengguna bisa menyimpan kicauan tertentu yang disukainya.

Menu Direct Message pun mendapat sentuhan penyegaran. Kini tampilan DM pada Twitter desktop memungkinkan pengguna untuk melihat percakapan tanpa harus berpindah-pindah tampilan.

Sementara pada sisi kanan, pengguna masih tetap akan disuguhkan informasi terkait trending topic dan rekomendasi akun-akun untuk diikuti.

Dalam pembaruan ini, Twitter juga membawa fitur yang banyak ditunggu oleh pengguna yakni Dark Mode alias mode gelap. Mode gelap pada Twitter desktop bisa diaktifkan lewat menu pengaturan.

Baca juga: Twitter Turunkan Jumlah Akun yang Bisa Diikuti Per Hari

Pada pengaturan pengguna akan menemukan menu "display". Fitur mode gelap bisa diaktifkan melalui menu tersebut.

Ada tiga mode yang bisa dipilih pengguna yakni "default" yang didominasi putih dan terang, kemudian warna "dim" atau kebiruan, dan "light out" atau gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com