Telkomsel Perkuat Jaringan 4G di Tiga Jalan Utama di Kalimantan Timur

Kompas.com - 24/09/2019, 13:51 WIB
GM Network Operation Quality Management Telkomsel Regional Kalimantan, Rahmad Putra Jaya di acara Media Update Telkosmel di Balikpapan, Senin (23/9/2019). KOMPAS.com/Bill ClintenGM Network Operation Quality Management Telkomsel Regional Kalimantan, Rahmad Putra Jaya di acara Media Update Telkosmel di Balikpapan, Senin (23/9/2019).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi seluler calon Ibu Kota negara baru di Kalimantan Timur, Telkomsel terus memperkuat kualitas jaringan 4G di provinsi tersebut, terutama di tiga ruas jalan utama.

Dalam acara Media Update Telkonsel di Balikpapan, Senin (23/9/2019), dijelaskan bahwa ketiga ruas jalan ini mencakup jalur lintas Balikpapan hingga Samarinda (non-tol), rute jalan tol Balikpapan hingga Samarinda, dan ruas lintas Sepaku hingga Penajam Paser Utara.

"Kami perkuat jaringan Telkomsel di sana (jalur non-tol Balikpapan - Samarinda) dan secara keseluruhan 4G-nya sudah seamless," kata GM Network Operation Quality Management Telkomsel Regional Kalimantan, Rahmad Putra Jaya, ketika berbicara dalam acara.

Baca juga: Telkomsel Punya Lebih dari 1.200 BTS di Lokasi Ibu Kota Baru

Menurut Rahmad, Telkomsel memprioritaskan untuk memperkuat tiga ruas tadi lantaran titik pasti calon Ibu Kota baru sampai saat ini belum diketahui.

"Intinya kami dari Telkomsel sudah menyiapkan infrastruktur pendukung, karena terus terang titik ibu kota ini ada di mana kita belum tahu," jelas Rahmad.

Untuk peningkatan jaringan, ruas jalan pertama yang diperhatikan adalah jalur non-tol dari ota Balikpapan hingga kota Samarinda.

Rute sepanjang 116 km ini dibekali dengan 170 unit pemancar sinyal ( BTS), di mana 90 unit merupakan BTS 4G, 30 unit BTS 3G, dan 50 unit BTS 2G.

Kemudian, ruas jalan kedua merupakan jalur tol. Meski belum bisa dilewati oleh masyarakat, Telkomsel sudah menyiapkan infrastruktur di jalur bebas hambatan ini.

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Bagaimana Sinyal Selulernya?

"Untuk jalur tol Balikpapan - Samarinda, ini informasi terakhir kalau tidak salah akan diresmikan Oktober nanti, nah kami juga memperkuat jalur tol ini," jelas Rahmad.

Jalur tol sepanjang 100 km tersebut dlengkapi dengan 120 BTS yang terdiri dari 70 unit BTS 4G, 20 unit BTS 3G, dan 30 unit BTS 2G.

Kemudian ruas terakhir adalah jalur lintas kecamatan Sepaku hingga menuju pusat kabupaten Penajam Paser Utara.

Jalur sepanjang 91 km ini didukung oleh 170 BTS dengan rincian 70 unit BTS 4G, 50 unit BTS 3G, dan 50 unit BTS 2G.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X