Kompas.com - 26/09/2019, 10:15 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada Juni lalu di ajang WWDC 2019 dan diuji coba dalam versi beta, Apple akhirnya merilis pembaruan sistem operasi (OS) teranyar untuk perangkat tablet besutannya, iPadOS versi 13.1.

Sistem operasi khusus iPad ini memiliki aneka fitur yang ditujukan untuk perangkat tablet Apple yang  memiliki layar lebih besar dari iPhone.

Baca juga: Apple Resmikan iPad Baru, Ukuran Layar Kini Lebih Besar

Fitur-fitur yang bisa dinikmati di iPadOS terbaru ini mencakup layout baru yang mempermudah pengguna untuk melakukan proses multi-tasking. Ukuran ikon juga lebih besar.

Tampilan Dark Mode, fitur keamanan Sign In With Apple, dan beragam aplikasi bawaan lainnya turut dioptimalkan untuk layar besar di iPad.

Ilustrasi tampilan iPadOSApple Ilustrasi tampilan iPadOS

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Kamis (26/9/2019), tidak semua iPad akan mendapatkan pembaruan OS pertama khusus iPad ini. 

Sejumlah iPad lawas, seperti iPad Air, iPad Mini 2 dan iPad Mini 3, tidak akan mendapatkan iPadOS dan tetap akan menggunakan sistem operasi iOS seperti sebelumnya.

Sebelum mengunduh pembaruan iPadOS untuk iPad, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu lewat aplikasi iTunes di komputer.

Baca juga: iPad Mini 5 dan iPad Air (2019) Resmi Meluncur

Kemudian, di iPad, buka menu Settings > General > Software Update, untuk melakukan download iPadOS.

Pengunduhan iPadOS juga bisa dilakukan secara otomatis pada malam hari dengan menyalakan fitur "Automatic Updates" di menu Software Update tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.