WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Rahasia yang Bisa Terhapus Sendiri

Kompas.com - 02/10/2019, 20:36 WIB
Ilustrasi WhatsApp PhoneArenaIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp sudah bisa menghapus pesan yang terlanjur dikirim. Ke depan, kemampuan itu mungkin akan dikembangkan lebih jauh lewat pengiriman pesan rahasia yang bisa terhapus sendiri dengan otomatis.

WhatsApp dikabarkan sedang menguji coba fitur bernama "Disappearing Message" yang mirip-mirip Secret Chat di Telegram ini. Hal tersebut pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo yang dikenal kerap mengungkap calon fitur baru WhatsApp.

Baca juga: iPhone Lawas Ini Bakal Tak Bisa Menjalankan WhatsApp

Disebutkan bahwa Disappearing Messages muncul di WhatsApp versi 2.19.275 di platform Android. Dari bidikan layar, pengaturan ini muncul di menu "Group Setting" di aplikasi versi beta itu.

Ada dua opsi waktu yang dipilih untuk menghapus pesan. Bisa pilih lima menit sekali atau satu jam sekali untuk menghapus pesan baru. Setelah diatur, pesan yang dikirim ke grup akan otomatis terhapus sesuai interval waktu yang dipilih.

Bidikan layar fitur Disappearing Messages di WhatsAppWABetaInfo Bidikan layar fitur Disappearing Messages di WhatsApp

Sayangnya, seperti dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (10/2/2019), ada beberapa pembatasan yang berlaku untuk Disappearing Messages.

Misalnya, fitur ini hanya bisa menghapus seluruh pesan yang dikirim seseorang ke grup, tak bisa dibuat hanya pesan-pesan tertentu saja yang dihapus.

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Keamanan Akun Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Kemudian, berkebalikan dari Secret Chat di Telegram yang khusus untuk obrolan pribadi, Disappearing Messages WhatsApp justru hanya bisa digunakan di grup saja. Pilihan waktu penghapusan otomatisnya pun hanya satu jam atau lima jam seperti disebutkan tadi.

Mungkin pengembangan Disappering Messages masih berada dalam tahap awal dan beberapa batasannya nanti bisa diubah agar lebih fleksibel. Namun, untuk sekarang, jadwal rilis fitur tersebut ke WhatsApp versi publik juga belum diketahui pasti.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X