Google Tawarkan Hadiah Rp 14 Miliar untuk Membobol Smartphone Pixel

Kompas.com - 30/11/2019, 16:07 WIB
Ilustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat. Yudha Pratomo/KompasTeknoIlustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dalam program bug bounty yang digelarnya, Google belakangan menaikkan jumlah reward untuk  hacker yang bisa membobol smartphone Pixel. Jumlah iming-iming hadiahnya kini mencapai 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar

Syaratnya, sang peretas mesti menemukan cara untuk melakukan "remote code execution" yang bisa memberikan akses berkesinambungan ke perangkat Pixel 3 atau Pixel 4.

Dengan kata lain, lomba meretas itu dibuat Google untuk membuktikan serta menguji kemampuan chip keamanan Titan M yang ditanamkan pada ponsel Pixel miliknya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Chip keamanan tersebut pertama kali dibenamkan oleh Google pada Pixel 3 yang dirilis tahun 2018 lalu. Chip ini kemudian kembali hadir pada Pixel 4 yang belum lama ini diperkenalkan.

Titan M berperan menghadang upaya peretasan yang dilakukan terhadap perangkat ponsel Pixel 3 atau Pixel 4, seperti dengan mencegah loading malware dan mengamankan informasi password.

Selain itu, seperti dihimpun KompasTekno dari Forbes, Sabtu (30/11/2019), Google turut menawarkan hadiah hingga 1,5 juta dollar AS (Rp 21 miliar) untuk hacker yang bisa menemukan celah keamanan di OS Android versi developer preview.

Baca juga: Kamera Pixel 4 Belum Mampu Tekuk Huawei Mate 30 Pro di DxOMark

Google turut mengumumkan sejumlah kategori baru dalam Android Security Rewards Program yang telah digulirkan sejak tahun 2015 lalu. Hadiahnya mencapai kisaran 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 7 miliar.

Sejauh ini di 2019, Google sudah menggelontorkan uang hadiah sebesar 1,5 juta dollar AS untuk program bug bounty. Dalam empat tahun terakhir Google setidaknya telah merogoh kocek lebih dari 4 juta dollar AS untuk program tersebut.

Google memberikan rata-rata lebih dari 15.000 dollar AS (Rp 210 juta) untuk peretas yang berhasil membobol sistem keamanan dari produk-produk miliknya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X