Snapchat Ajak Mahasiswa dan Pelajar Bikin Stiker AR

Kompas.com - 04/12/2019, 18:15 WIB
Ilustrasi Snapchat. The VergeIlustrasi Snapchat.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Snapchat baru saja menyatakan keseriusannya untuk fokus menggarap pasar Indonesia. Aplikasi Snapchat menargetkan generasi Z sebagai sasaran utama. 

Agar lebih dekat dengan generasi tersebut, Snapchat berencana untuk mempromosikan platform pembuat stiker Augmented Reality ( AR), Lens Studio, kepada pelajar baik di tingkat SMA maupun perguruan tinggi.

Hal ini tak lain merupakan upaya Snapchat untuk menggenjot jumlah pengguna dan agar generasi Z di Tanah Air dapat berkreasi melalui stiker AR milik Snapchat.

"Kami ingin membantu para pelajar merasakan pengalaman menciptakan Lenses (stiker AR di Snapchat) dengan imajinasi mereka sendiri, tidak hanya sekadar menggunakannya saja," ujar Managing Director of International Markets Snap Inc., Nana Murugesan.

Meski demikian pihak Snapchat tidak membeberkan secara spesifik sekolah atau kampus mana saja yang akan disambangi dan kapan program ini akan mulai dilakukan.

Baca juga: Fiturnya Dijiplak Instagram dan Twitter, Snapchat Buka Suara

Dalam sebuah wawancara Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019), Nana menegaskan bahwa kampus atau sekolah yang akan diajak bekerja sama harus memiliki visi dan memiliki minat terhadap teknologi AR.

"Seluruh sekolah dan kampus yang diajak ini adalah sekolah yang sangat dari awal memang sudah inovatif dan memang ingin merangkul teknologi AR," jelas Nana.

Program ini sejatinya sudah lebih dulu dijalankan di sejumlah sekolah dan perguruan tinggi di Malaysia dan India.

Selanjutnya, pihak Snapchat pun berencana untuk merambah ke sekolah dan perguruan tinggi di negara lain.

Baca juga: CEO Snapchat Sebut Instagram Membuat Sedih, Benarkah?

Sebagai informasi, Lens Studio merupakan aplikasi desktop (PC) untuk membuat aneka stiker AR yang bisa digunakan di aplikasi Snapchat.

Untuk memudahkan pengguna awam, Snapchat pun menyediakan beragam template yang bisa langsung dipakai oleh pengguna.

Lens Studio sendiri bisa digunakan di PC dengan sistem operasi Windows dan Mac. Perangkat lunak tersebut bisa diunduh secara gratis di tautan berikut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X