Samsung Kuasai Pasaran Ponsel 5G Sepanjang 2019

Kompas.com - 06/01/2020, 15:35 WIB
Galaxy S10 5G di terpajang di area utama Samsung dLight di Seoul, Korea Selatan. Wahyunanda Kusuma/KOMPAS.comGalaxy S10 5G di terpajang di area utama Samsung dLight di Seoul, Korea Selatan.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sepanjang 2019, vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, telah menelurkan sejumlah ponsel 5G , seperti Galaxy S10 5G, Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus 5G, Galaxy A90 5G, hingga Galaxy Fold 5G.

Kini, dalam laporan "Galaxy 5G Year in Review 2019" yang dirilis Samsung baru-baru ini, raksasa smartphone pimpinan DJ Koh itu mengumumkan bahwa pihaknya telah mengapalkan sebanyak 6,7 juta unit ponsel 5G sepanjang 2019.

Baca juga: Samsung Produksi Ponsel 5G Murah Tahun Depan?

Dengan angka pengapalan sebanyak itu, Samsung mengklaim berhasil mendominasi segmen pasar ponsel 5G global dengan market share 53,9 persen, berdasarkan data dari firma riset Counterpoint (Januari - November 2019).

Laporan Samsung Galaxy 5G Year in Review 2019 .GSMArena Laporan Samsung Galaxy 5G Year in Review 2019 .
Samsung tidak membeberkan secara rinci negara mana saja yang berkontribusi terhadap jumlah pengapalan dan angka market share tersebut.

Namun, negara asalnya, yakni Korea Selatan, disebut menyumbang kontribusi paling banyak.

Berdasarkan informasi yang dibeberkan oleh pemerintah Korea Selatan pada awal Desember lalu, hingga Oktober 2019, subscriber 5G di negara tersebut nyaris menyentuh angka 4 juta pelanggan.

Nah, berdasarkan data perusahaan riset StatCounter per Desember 2019, Samsung memang menguasai pasar smartphone di Korea Selatan dengan market share mencapai 64 persen.

Samsung  juga telah menggandeng beberapa operator lokal di sana, seperti SK Telecom, KT Corp, dan LG UPlus untuk memperluas peredaran ponsel 5G. 

Sehingga, tak aneh jika Korea Selatan memang menyumbang angka pengapalan terbanyak untuk ponsel 5G Samsung. Tahun ini Samsung berencana bakal meluncurkan  aneka produk 5G teranyar mereka.

Baca juga: Dari 5G hingga Kesehatan Mental, Ini Prediksi Tren Smartphone di 2020

"Bagi Samsung, 2020 akan menjadi tahunnya Galaxy 5G," pungkas President & Head of R&D Samsung Electronics, TM Roh sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Senin (6/1/2020).

Salah satu yang bakal diperkenalkan adalah perangkat tablet Galaxy Tab S6 5G yang bakal menjadi tablet pertama di dunia dengan dukungan konektivitas seluler generasi kelima itu. Samsung kabarnya akan merilis tablet tersebut pada kuartal pertama 2020.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X