Kompas.com - 07/01/2020, 13:32 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Produsen laptop asal AS, Dell memamerkan dua laptop unik dalam Consumer Electronic Show (CES) 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, pekan ini.

Kedua laptop purwarupa berjuluk Concept Ori dan Concept Duet tersebut hadir tanpa papan ketik alias keyboard. Sebagai gantinya, ada layar yang menutupi bagian bawah tempat di mana papan ketika biasanya berada. Tapi jenis layar ini berbeda antara kedua laptop.

Seperti namanya, Concept Ori merupakan laptop yang bisa dilipat jadi dua bagian layaknya kertas origami. Ini karena layarnya menggunakan panel fleksibel yang bisa ditekuk, layaknya ponsel lipat.

Baca juga: Laptop Asus Zenbook Terbaru Punya Touchpad yang Bisa Setel YouTube

Mekanisme lipatannya sendiri mirip dengan Thinkpad X1 Fold besutan Lenovo yang sempat diperkenalkan sekitar Mei 2019 lalu.

Ketika layar perangkat berukuran setara laptop13 inci (resolusi QHD Plus) ini dilipat dengan orientasi portrait, layar bagian atas akan menjadi layar utama, sementara layar di bagian bawah akan menampilkan sebuah keyboard virtual untuk dipakai mengetik.

Sementara, jika layar Concept Ori dibentangkan orientasi landscape, laptop bakal berubah menjadi serupa tablet raksasa yang bisa digunakan untuk beragam hal, seperti menggambar, multi-tasking, hingga membaca buku.

Sayangnya, Dell tidak bisa memastikan apakah perangkat ini bakal dijual ke pasaran atau tidak. Spesifikasi Concept Ori pun masih misteri.

Concept Duet

Dell Concept Duet.Slashgear Dell Concept Duet.

Berbeda dengan Concept Ori, Concept Duet hadir dengan desain yang lebih konvensional dengan menggunakan dua panel display, alih-alih layar lipat.

Laptop ini mirip Surface Neo yang diperkenalkan oleh Microsoft bebrapa waktu lalu.

Halaman:
Sumber Slash Gear


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.