Netflix Sudah Bisa Diakses Sebagian Pengguna IndiHome, Tanpa VPN dan Lancar

Kompas.com - 13/01/2020, 11:41 WIB
Ilustrasi aplikasi Netflix di smartphone. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi aplikasi Netflix di smartphone.

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna melaporkan sudah bisa mengakses Netflix melalui Indihome. Terlebih lagi, beberapa di antaranya mengatakan tidak membutuhkan VPN untuk menonton film favorit mereka di layanan streaming Netflix.

Hal ini juga diakui Soraya Nur Aina. Kepada KompasTekno, ia mengaku bisa mengakses aplikasi Netflix via smartphone melalui Telkom Indihome yang dipasang di kantornya.

"Bisa diunduh semua (serial), bisa diputar juga," katanya.

Ia juga mengaku saat melakukan streaming, kecepatannya cukup stabil.

Baca juga: Telkom Tegaskan Netflix Masih Diblokir

Pengakuan Soraya senada dengan beberapa warganet yang mengunggah beberapa tangkapan layar (screenshot) saat bisa mengakses Netflix melalui Indihome. Beberapa pengguna Telkomsel juga mengaku hal yang sama.

Namun tidak semua warganet beruntung. Beberapa di antaranya mengaku masih belum bisa memutar film atau serial apapun. Sebagian lain hanya bisa sukses masuk (log in) ke akun Netflix.

Belum ada pernyataan resmi dari pihak PT Telkom terkait terbukanya akses Netflix kali ini. (Update: Telkom Tegaskan Netflix Masih Diblokir)

Kejadian terbuka blokir Netflix ini juga pernah terjadi awal Januari 2019 lalu. Saat itu, film koleksi Netflix bisa diakses menggunakan IndiHome tetapi hanya bisa ditonton melalui aplikasi Android dan iOS.

Saat dikonfirmasi ke Telkom, mereka mengatakan masih memblokir Netflix. Tak lama setelah pernyataan Telkom keluar, akses ke Netflix untuk pengguna Indihome pun kembali tertutup.

Untuk diketahui, Telkom Group yang mencakup Indihome serta Telkomsel, telah memblokir akses Netflix tahun 2016 lalu. Alasannya kala itu, Netflix belum memenuhi regulasi.

"Kami blokir Netflix karena tidak memiliki izin atau tidak sesuai aturan di Indonesia dan banyak memuat konten yang tidak diperbolehkan di negeri ini," kata Dian Rachmawan, Direktur Consumer PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) saat itu.

Baca juga: Pemerintah Kejar Pajak Google, Facebook, dan Netflix dengan Omnibus Law

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate meminta agar Netflix dan Telkom Group segera menyelesaikan masalah pemblokiran ini secara business to business

Head of Corporate Communications for Southeast Asia, Netflix, Leigh Wong mengatakan pihaknya masih terus berdiskusi dengan PT Telkom.

"Saat ini kami masih terus melakukan komunikasi. Belum ada yang bisa saya sampaikan (hasilnya)", katanya saat ditemui di acara kerja sama Netflix dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Beda Sikap Kominfo dan Kemendikbud soal Netflix Jadi Sindiran Warganet

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@kompas.tekno) on Jan 10, 2020 at 12:12am PST

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X