Oppo Belum Mau Bawa Ponsel Tahan Air ke Indonesia, Mengapa?

Kompas.com - 23/01/2020, 17:03 WIB
Kantor Oppo di Shenzhen, China. KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoKantor Oppo di Shenzhen, China.
Penulis Bill Clinten
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar ponsel flagship terkini, memiliki daya tahan terhadap debu dan air (water resistant). Ponsel yang memiliki daya tahan tersebut, biasanya mendapatkan sertifikat IP67 atau IP68.

Oppo pun memiliki lini ponsel yang juga tahan air dan debu. Salah satunya adalah seri Oppo R15 Pro yang telah mendapatkan sertifikat IP67.

Kendati demikian, Oppo ternyata belum berencana untuk membawa ponsel dengan sertifikat tahan air dan debu ke Indonesia.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, smartphone dengan sertifikat tahan debu dan air belum begitu dibutuhkan oleh konsumen Tanah Air.

"Tidak ada pasarnya, (mungkin) tidak ada yang beli karena itu untuk pasar yang spesifik," ujar Aryo kepada KompasTekno di sela peluncuran program Oppo We Care di Karet, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

"Kalau (ponsel tahan air) itu sampai di market yang umum, yang terjadi ya ponsel bakal dipakai di dalam air atau dibawa berenang," imbuhnya.

Baca juga: Kerusakan Ponsel akibat Air Meningkat, Oppo Bikin Program Diskon We Care

Ia pun melanjutkan, Oppo justru lebih fokus untuk membuat ponselnya agar lebih tahan percikan air (splash resistant). Khususnya untuk ponsel dengan desain unibody, seperti Oppo Reno 10x Zoom atau Oppo Reno 2.

Terkait Reno, Aryo juga mengonfirmasi bahwa tahun ini pihaknya bakal fokus untuk meluncurkan teranyar untuk seri tersebut.

Sebab, berdasarkan survei yang pihak Oppo lakukan, kemampuan konsumen Indonesia untuk membeli smartphone adalah beriksar antara Rp 4 juta hingga Rp 6 juta. Harga tersebut merupakan rentang harga yang dimiliki ponsel seri Reno.

Baca juga: Oppo Patenkan Kamera Belakang Berbentuk Unik, untuk Find X2?

Kendati demikian, Aryo tidak membeberkan perangkat Reno apa saja yang bakal dibawa ke Tanah Air.

Namun, ia memastikan bahwa ponsel Oppo Reno series yang bakal dibawa ke Indonesia tahun ini akan lebih banyak dibanding ponsel Oppo A series.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X