Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujifilm Rilis Mirrorless X-T200 untuk Kreator Konten

Kompas.com - 24/01/2020, 12:05 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Menjelang akhir Januari 2020, Fujifilm memperkenalkan kamera mirrorless tebarunya seri X-T200. Produk ini merupakan penerus kamera sebelumnya, X-T100 keluaran 2018, dan diposisikan setingkat di atas lini entry-level X-A7.

Fujifilm mengatakan bahwa X-T200 menyasar “content creator dari berbagai tingkatan”.

Fitur-fitur andalannya pun disesuaikan untuk tujuan itu, mencakup layar sentuh LCD berukuran 3,5 inci yang berengsel putar (articulated) sehingga bisa menghadap ke depan, input mikrofon, dan output headphone via USB tipe-C.

Baca juga: Fujifilm X-Pro3 Meluncur, Mirrorless yang Mirip Kamera Film

Ada juga “Digital Gimbal” untuk meredam goyangan saat merekam video. Fitur ini menggunakan sensor gyroscope untuk menerapkan electronic image stabilization.

X-T200 sendiri mengandalkan sensor CMOS APS-C 24 megapiksel (ISO 200-12.800 native) yang kini sudah dibekali teknologi autofocus hybrid phase dan contrast AF dengan kemampuan Face/ Eye Detection.

Fujifilm X-T200 dalam warna Fujifilm Fujifilm X-T200 dalam warna

Prosesor gambarnya diklaim memiliki kinerja 3,5 kali lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Rolling shutter pun berkurang sementara kecepatan AF meningkat berkat teknologi hybrid autofocus.

Soal video, X-T200 menyediakan resolusi hingga 4K 30 FPS, Full-HD hingga frame rate 120 FPS untuk slow motion, dan mode HDR Video, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Jumat (24/1/2020).

Fujifilm rencananya akan memasarkan X-T200 pada akhir Februari dalam tiga pilihan warna, yakni hitam, dark silver, dan champagne.

Baca juga: Mirrorless Teratas Sony Masuk Indonesia Februari 2020, Harganya?

Harga Fujifilm X-T200 adalah 700 dollar AS (Rp 9,6 juta) untuk body-only dan 800 dollar AS (Rp 11 juta) untuk kit dengan lensa XC-15-45 mm f/3.5-5.6 OIS power zoom.

Bersama dengan X-T200, Fujifilm turut memperkenalkan lensa prime Fujinon XC 35 mm f/2 yang berbobot ringan (130 gram) dan dibanderol harga yang relatif terjangkau, yakni 200 dollar AS atau sekitar Rp 2,8 juta.

Lensa ini akan dirilis ke pasar berbarengan dengan kamera Fujifilm X-T200.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PetaPixel


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com