Vine Dirilis Ulang Jadi Byte, Aplikasi Video 6 Detik Pesaing TikTok

Kompas.com - 28/01/2020, 08:14 WIB
Aplikasi Byte, video singkat 6 detik dari para pendiri Vine. ByteAplikasi Byte, video singkat 6 detik dari para pendiri Vine.

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Vine? Layanan berbagai video singkat enam detikan itu dibeli Twitter pada 2012, lalu disetop layanannya pada 2017 lalu.

Kala itu, Twitter menyetop fitur video Vine di aplikasinya karena kalah bersaing dengan jumlah pengguna Instagram dan Snapchat.

Kini, para pendiri Vine merilis ulang aplikasi tersebut secara mandiri, dengan nama Byte. Layanan ini tetap menjadi media sosial berbagi video singkat enam detik. Pihak Byte mengklaim, jika Anda menyukai Vine, maka Anda juga akan menyukai Byte. 

Baca juga: 17 Januari, Vine Berhenti Jadi Media Sosial

Nampaknya, para pendiri Vine menyadari layanan video pendek kini kian digemari, terbukti dari jumlah unduhan TikTok, aplikasi video pendek dari ByteDance, yang mengungguli Facebook pada tahun lalu.

Byte memiliki sejumlah fitur yang familiar dengan Vine. Seperti yang dijelaskan oleh akun Twitter @Byte_app pada Sabtu (25/01/2020).

"Halo kawan, hari ini kami membawa kembali video perulangan 6 detik dan komunitas baru untuk orang-orang yang menyukainya. Ini namanya Byte, tampak familiar dan baru. Kami harap ini akan  mempertemukan orang-orang yang merasa ada sesuatu yang hilang (Vine)," demikian kicau akun Twitter @Byte_app.

Setelah peluncuran Byte yang tak kurang dari 24 jam, aplikasi tersebut langsung disambut baik oleh para peminatnya. Co-founder Vine, Rus Yusupov melalui akun Twitternya, @Rus menulis:

"Kurang dari 24 jam setelah diluncurkan, Byte sudah menjadi aplikasi terpopuler hari ini (App of the Day) dan menjadi (kategori) aplikasi jejaring sosial nomor dua serta aplikasi favorit Apple," kicau Rus.

Cara pakai byte 

Cuplikan laman Byte dalam pencarian ByteKOMPAS/Putri Zakia Salsabila Cuplikan laman Byte dalam pencarian Byte

Jika pengguna sempat menggunakan Vine sebelumnya, maka pengguna tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan platform Byte.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X