Pengalaman Belanja Tanpa Kasir di BlibliMart

Kompas.com - 28/01/2020, 19:48 WIB
Toko tanpa kasir BliBliMart. KOMPAS.com/Conney StephanieToko tanpa kasir BliBliMart.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diresmikan pada hari ini, Selasa (28/1/2020), toko offline BliBliMart dari e-commerce BliBli sudah terbuka untuk umum. Sebelumnya, BlibliMart telah diuji coba dan hanya dibuka untuk karyawan internal Blibli saja.

BlibliMart sendiri merupakan toko offline (fisik) milik Blibli, hasil kerja sama dengan Nielsen. Keunikannya, toko itu tidak memiliki kasir dan pembayarannya dilakukan secara cashless (non-tunai).

Artinya, pengunjung atau pembeli tidak dapat menggunakan uang tunai sebagai alat transaksi di BliBliMart, namun dapat menggunakan e-money layaknya GoPay sebagai alat transaksi yang sah.

Baca juga: Blibli Buka Toko Offline, Tanpa Kasir dan Cashless

KompasTekno pun berkesempatan masuk ke dalam toko dan berbelanja, untuk merasakan seperti apa pengalaman belanja di toko tanpa kasir dan cashless itu.

KompasTekno melihat saat berbelanja, meski tidak ada kasir, namun ada shopkeeper yang bertugas untuk memastikan belanjaan pengguna telah di-scan dengan benar.

Berbeda dari pengalaman belanja pada umumnya, di BlibliMart pengguna akan lebih ditekankan untuk self service.

Dalam melakukan transaksi di BlibliMart, pelanggan harus memiliki aplikasi Blibli yang dapat diunduh melalui Play Store atau Apps Store. Aplikasi ini sebagai sarana pembayaran nantinya saat pengguna melakukan proses scan dan check-out.

Setelah itu, pelanggan dapat berbelanja dengan memilih barang yang ingin dibeli. Ketika sudah memilih barang, pelanggan tinggal memindai (scan) produk yang dibeli, lewat tombol scan yang ada di sebelah kanan fitur "Pencarian" di aplikasi BliBli.

Scan barcode juga dapat dilakukan pada station di mana shopkeeper berada. Shopkeeper disini bertugas membantu pelanggan memastikan belanjaan yang di-scan adalah sesuai.

Aplikasi BliBli Mart.BliBli Aplikasi BliBli Mart.
Setelah selesai melakukan scan, pelanggan akan menekan tombol chek-out yang nantinya akan berisi informasi tagihan belanja, dan dilanjutkan dengan proses pembayaran menggunakan GoPay.

Baca juga: AliPay dan WeChat Masuk Indonesia 2020, Ini Tanggapan GoPay

Pihak Blibli juga mengatakan, nantinya BlibliMart akan menerima e-money baru selain GoPay, sebagai alat pembayaran yang sah.

Untuk saat ini, BlibliMart baru ada satu unit dan berlokasi di Gedung Sarana Jaya lantai 1 di Jalan Budi Kemuliaan 1 No.1, Jakarta Pusat, dengan jam operasional dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Ke depannya, Blibli berencana mengekspansi dengan membangun cabang BlibliMart di tempat lain, namun belum banyak detail yang disampaikan. Selain lokasi, jam operasional juga diharapkan bisa bertambah.

Blibli juga secara rutin akan mengupdate harga secara berkala, bersamaan dengan kenaikan harga atau adanya diskon pada produk tertentu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X