Kenapa Penjahat di Film Tak Memakai iPhone?

Sutradara Star Wars Ungkap Kenapa Penjahat di Film Tak Pakai iPhone

Kompas.com - 01/03/2020, 14:29 WIB
ilustrasi iPhone user gizchina.comilustrasi iPhone user

KOMPAS.com - Produk Apple seperti iPhone kerap terlihat lewat product placement di sebuah film. Namun, Apple ternyata punya aturan tersendiri soal ini. Para pembuat film tak boleh menampilkan iPhone dipakai oleh tokoh antagonis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rian Johnson, sutradara film Star Wars: the Last Jedi dan Knives Out, dalam sebuah wawancara dengan Vanity Fair.

Baca juga: Gara-gara Virus Corona, Rilis iPhone 12 Bakal Tertunda?

"Apple membolehkan Anda menampilkan iPhone di film, tapi -dan ini sangat penting kalau Anda pernah menyaksikan film misteri - para penjahatnya tak boleh terlihat memakai iPhone," ujar Johnson.

Dia kemudian bercanda dengan mengatakan telah merunyamkan film-film misteri di masa mendatang dengan menguak informasi itu. Sebab, penonton bisa menebak siapa penjahatnya dengan melihat tokoh mana yang tidak menggunakan iPhone.

Meski begitu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ArsTechnica, Minggu (1/3/2020), Johnson tidak menjelaskan apakah Apple memang menekan para pemuat film secara hukum supaya tak menempatkan iPhone di tangan tokoh antagonis.

Baca juga: Bukan iPhone 9 atau iPhone SE2, Inikah Nama Ponsel Murah Apple?

Kalau Apple membayar untuk product placement atau memberikan produk secara cuma-cuma misalnya, bisa saja perusahaan tersebut mengajukan syarat soal cara menampilkan produknya di film agar memberi kesan positif.

Terlepas dari itu, upaya "pencitraan" oleh Apple disinyalir sudah berlangsung cukup lama. Misalnya dalam serial TV 24 yang ditayangkan Fox di awal dekade 2000-an, semua tokoh protagonis menggunakan komputer Mac, sementara tokoh antagonis memakai PC Windows.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X