Xiaomi Beri Label Khusus di Kotak Mi 10 Pro, Sindir Huawei?

Kompas.com - 08/04/2020, 07:02 WIB
Modul kamera belakang Mi 10 Lite menampung empat kamera. GSMArenaModul kamera belakang Mi 10 Lite menampung empat kamera.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Xiaomi telah merilis trio ponsel Mi 10, Mi 10 Pro, dan Mi 10 Lite, beberapa waktu lalu. Kini, ponsel tersebut menjadi perbincangan hangat di dunia maya karena ada sebuah kalimat unik yang tertulis di kotak penjualan.

Xiaomi membubuhkan sebuah kalimat yang berbunyi "Mi 10 Pro with easy access to the Google apps you use the most" di salah satu sisi kotak penjualan ponsel Mi 10 Pro.

Salah satu bagian sisi kotak penjualan Mi 10 Pro yang diduga menyindir Huawei.Gizchina Salah satu bagian sisi kotak penjualan Mi 10 Pro yang diduga menyindir Huawei.

Jika diterjemahkan, arti dari kalimat tersebut kira-kira "Mi 10 Pro (hadir) dengan dengan akses mudah ke aplikasi Google yang paling sering Anda gunakan". 

Karena tidak biasa, kalimat tersebut kemudian dianggap sebagai bentuk sindiran kepada Huawei

Baca juga: Kamera 108 MP Xiaomi Mi 10 Pro Dipakai Memotret dari Luar Angkasa

Sebagaimana diketahui, nama Huawei hingga saat ini memang masih tercantum di dalam daftar hitam Amerika Serikat (AS) sejak Mei 2019 lalu. 

Kebijakan tersebut membatasi Huawei untuk bermitra dengan perusahaan asal AS, termasuk Google.

Alhasil, Huawei tak bisa menyematkan aneka layanan Google, seperti Google Play Store, Google Maps, dan lain sebagainya di perangkat terbarunya, termasuk trio P40, P40 Pro, dan P40 Pro Plus yang diperkenalkan bulan lalu.

Bantahan Xiaomi

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SCMP, Rabu (8/4/2020), Xiaomi mengatakan bahwa kalimat tersebut tidak bermaksud untuk menyindir Huawei.

Lewat sebuah unggahan di jejaring sosial Weibo, perusahaan yang dirintis oleh Lei Jun itu mengatakan bahwa kalimat tersebut dibuat atas permintaan pihak yang bermitra dengannya, dalam hal ini bisa jadi Google. 

Baca juga: Kantongi Sertifikat TKDN, Xiaomi Mi 10 Segera Masuk Indonesia?

Xiaomi mengibaratkan kalimat tersebut mirip dengan kalimat "Powered By Android" yang biasa ditemukan di sejumlah ponsel Android, atau kalimat "Intel Inside" yang hadir di beberapa produk komputer.

Pernyataan Xiaomi atas dugaan sindiran terhadap Huawei.Weibo Pernyataan Xiaomi atas dugaan sindiran terhadap Huawei.

Xiaomi juga menambahkan bahwa pihaknya baru saja memperbarui kerja sama dengan Google. Salah satu kesepakatannya adalah mencantumkan kalimat tersebut. 

Terlepas dari hal tersebut, Xiaomi saat ini berhadapan dengan sejumlah vendor serius menggarap pasar kelas atas ini, seperti Samsung, Oppo, hingga Huawei.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X