Samsung Rilis Galaxy A Quantum, Ponsel dengan Chip Keamanan Khusus

Kompas.com - 14/05/2020, 18:02 WIB
Galaxy A Quantum digenggam oleh dua model. Yonhap News AgencyGalaxy A Quantum digenggam oleh dua model.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Bekerja sama dengan operator seluler asal Korea Selatan, SK Telecom, Samsung untuk meluncurkan sebuah smartphone terbaru, yakni Galaxy A Quantum.

Ponsel tersebut sebenarnya merupakan Galaxy A71 5G yang diubah namanya dan mendapat perangkat keras tambahan.

Perangkat keras tambahan yang disematkan di dalam ponsel ini adalah chip keamanan QRNG (quantum random number generator) SKT IDQ S2Q000.

Sesuai dengan namanya, chip tersebut dapat diandalkan untuk mengamankan data-data sensitif yang ada pada ponsel lewat proses enkripsi sehingga lebih sulit untuk diretas.

Proses enkripsi ini mengandalkan teknologi kriptografi kuantum besutan ID Quantique (IDQ).

Adapun IDQ merupakan salah satu anak perusahaan dari SK Telecom dengan fokus di bidang solusi kriptografi yang berbasis di Swiss.

Baca juga: Kenapa Samsung Begitu Cepat Merilis Ponsel Galaxy A Baru?

SKT IDQ S2Q00 merupakan chipset QRNG terkecil di dunia dengan dimensi 2,5mm x 2,5mm. Chipset ini dapat menciptakan angka yang benar-benar acak dengan pola yang tidak dapat diprediksi.

Chipset QRNG ini dapat meningkatkan keamanan berbagai aplikasi keuangan di Korea Selatan seperti SK Pay, T ID login, dan Initial.

Di Korea Selatan, aplikasi T ID digunakan untuk masuk ke berbagai layanan online. Layanan ini digunakan oleh lebih dari 19 juta pelanggan.

Sementara Initial adalah layanan blockchain yang digunakan untuk mengeluarkan dan mengirimkan berbagai sertifikasi pribadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber SamMobile
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X