Layanan "Meeting Online" Google Meet Tembus 50 Juta Unduhan

Kompas.com - 19/05/2020, 15:18 WIB
Aplikasi Google Meet di Play Store. KOMPAS.com/Bill ClintenAplikasi Google Meet di Play Store.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Aplikasi video conference bikinan Google, Meet rupanya semakin dilirik oleh para pengguna di tengah pandemi Covid-19.

Pasalnya, berdasarkan data dari firma riset aplikasi AppBrain, aplikasi pesaing Zoom Meetings tersebut sudah diunduh (download) sebanyak 50 juta kali di Google Play Store.

Angka tersebut terbilang cukup tinggi. Sebab, pada awal Maret lalu, data AppBrain menunjukkan bahwa Google Meet ternyata baru diunduh oleh sekitar lima juta pengguna.

Jumlah download tersebut lantas meningkat dua kali lipat, alias tembus 10 juta, 20 hari setelahnya dan hingga akhirnya menyentuh angka 50 juta pada pertengahan Mei.

Peningkatan jumlah unduhan ini didorong oleh pengguna yang berbondong-bondong mengunduh Meet pasca digratiskannya platform tersebut belum lama ini.

Baca juga: Google Meet Premium Bisa Dicoba secara Gratis di Indonesia, Begini Caranya

Sebelumnya, pengguna yang ingin membuat ruangan rapat virtual di platform video conference Meet memang harus membayar untuk berlangganan layanan G Suite.

Meski begitu, angka tersebut belum mampu menandingi jumlah unduhan aplikasi Zoom Meetings di toko aplikasi yang sama.

Jumlah unduhan Google Meet (kiri) dan Zoom Meetings (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Jumlah unduhan Google Meet (kiri) dan Zoom Meetings (kanan).
Pantauan KompasTekno di toko aplikasi Google Play Store, Selasa (19/5/2020), Zoom Meetings telah diunduh dua kali lipat dibanding Meet, dengan total unduhan lebih dari 100 juta.

Baca juga: Panduan Aman untuk Peserta dan Admin Meeting Online via Zoom

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan jika angka unduhan aplikasi Meet ini terus meningkat seiring berjalannya waktu, bisa jadi melampaui Zoom.

Apalagi, platform video conference ini dibekali dengan sederet fitur yang diklaim lebih aman dibanding aplikasi pesaing.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X