Google Photos Terbaru Punya Fitur Peta, Fungsinya?

Kompas.com - 29/06/2020, 11:06 WIB
Google Photos. App StoreGoogle Photos.

KOMPAS.com - Layanan penyimpanan konten visual, Google Photos diperbarui. Update kali ini membawa perubahan dalam hal tampilan fitur, serta navigasi yang diklaim Google semakin mudah.

Pertama-tama, ikon Google Photos yang menyerupai origami "kincir angin", didesain lebih sederhana dengan lengkungan. Selain itu, Google juga menampilkan peta yang memungkinkan pengguna menelusuri lokasi foto dan video yang mereka ambil pada saat itu.

"Hal yang mereka sukai yaitu bernostalgia dan melihat foto-foto lama mereka. Jadi dalam desain baru ini, kami mengedepankan keinginan pengguna," kata David Lieb, Product Lead of Google Photos.

Baca juga: Facebook Bisa Transfer Foto dan Video ke Google Photos, Begini Caranya

Google Photos juga menyediakan Tab untuk menyimpan koleksi foto lama maupun foto favorit yang baru ditambahkan.

Di bagian atas tab tersebut, pengguna disuguhkan dengan kolom "Memories" yang berisi arsip foto pribadi maupun riwayat pencarian foto layaknya tampilan Instagram Stories.

Google Photostheverge.com Google Photos

Selain dapat menyimpan koleksi foto-foto lama, pengguna juga dapat memasukkan koleksi foto baru pada kolom "Memories" pada kategori "Recent Highlights".

Di bagian bawah "Memories", kumpulan foto yang baru ditambahkan oleh pengguna akan diurutkan melalui kolom yang penempatannya didesain secara khusus.

Penempatan foto pada kategori yang telah dibuat juga diperlihatkan sedikit lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Google Rilis Keen, Aplikasi Pin Foto Pesaing Pinterest

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (29/6/2020), Google pun turut mengurangi batasan ruang antar foto yang ada di dalam kisi.

Pada bagian bawah juga terdapat opsi "Places" yang memungkinkan pengguna dapat menelusuri foto dan video berdasarkan lokasi sumber foto yang terdaftar dalam peta.

Pada kolom pencarian, Google menampilkan fitur "Things" untuk mencari foto yang disesuaikan dengan minat pengguna.

Tak hanya itu, pada kolom pencarian, pengguna juga dapat mencari arsip untuk kategori khusus, seperti tangkapan layar, selfie, video, dan hasil kreasi lainnya.

Saat ini, pembaruan Google Photos sudah tersedia bagi pengguna Android maupun iOS.

 



Sumber The Verge
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X