Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2020, 08:06 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah didului dengan beragam rumor, Samsung akhirnya memastikan tanggal peluncuran smartphone flagship Galaxy terbaru, dalam acara tahunan Galaxy Unpacked.

Sejalan dengan kabar yang sudah berhembus di ranah maya, ponsel yang diyakini adalah Galaxy Note 20 itu dipastikan bakal meluncur dalam ajang Galaxy Unpacked yang bakal digelar Samsung pada 5 Agustus.

Kepastian tersebut diketahui setelah Samsung menampilkan halaman teaser Galaxy Unpacked di situs resmi Samsung Indonesia. Begini informasi yang ditampilkan.

Teaser Galaxy Unpacked yang bakal digelar 5 Agustus 2020.Samsung Teaser Galaxy Unpacked yang bakal digelar 5 Agustus 2020.

Jika menilik gambar tersebut, ada visual mirip percikan air yang dibalut dengan warna coklat keemasan. Belum bisa dipastikan apa sebenarnya maksud Samsung memuat ilustrasi itu.

Baca juga: Bocoran 3 Ponsel Flagship Baru Samsung dan Waktu Peluncuran

Namun, warna yang diusung tampak mirip dengan bocoran desain Galaxy Note 20 yang diunggap akun Twitter pembocor ulung, Max Weinbach.

Kala itu, Max mengungkap desain Galaxy Note 20 Ultra yang dibalut dengan hiasan warna yang dinamai Mystic Bronze. Uniknya, gambar tersebut ia temukan di situs resmi Samsung Rusia.

Kembali ke acara Galaxy Unpacked tadi, tidak disebutkan di mana Galaxy Note 20 bakal diluncurkan. Selama ini, acara fisik peluncuran seri Galaxy Note sendiri biasanya digelar di kota New York, Amerika Serikat.

Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum mereda di seluruh dunia, Samsung kemungkinan akan meniadakan acara fisik (offline), dan bakal beralih ke format online, seperti yang dilakukan vendor-vendor gadget lain.

Yang jelas, peminat ponsel tersebut nantinya bisa memantau ajang Galaxy Unpacked secara langsung (live streaming) melalui link www.samsung.com/id.

Selain Galaxy Note 20, Samsung juga dikabarkan bakal meluncurkan sejumlah perangkat terbarunya di acara yang sama. Beberapa di antaranya adalah Galaxy Z Flip 5G, Galaxy Tab S7/S7 Plus, Galaxy Watch 2, dan Galaxy Watch 3.

Spesifikasi Galaxy Note 20

Lantas, bagaimana spesifikasi Galaxy Note 20? Jika mengacu pada bocoran yang sudah menyeruak di ranah maya, Galaxy Note 20 disinyalir bakal hadir dalam dua varian, yakni Galaxy Note 20 (6,7 inci) dan Note 20 Ultra (6,9 inci).

Baca juga: Inikah Kelebihan Layar Galaxy Note 20 yang Tak Dimiliki Galaxy S20?

Keduanya ditengarai masih akan dibekali layar berjenis AMOLED dengan desain Infinity-O, sama seperti pendahulunya. Namun, teknologi refresh rate layar yang diusung kabarnya bakal mencapai 120 Hz.

Di balik cangkang, Galaxy Note 20 sendiri kabarnya bakal dipersenjatai dengan chipset bikinan perusahaan, Exynos 992 atau System-on-Chip (SoC) bikinan Qualcomm, Snapdragon 865.

Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra sendiri konon bakal dijual dengan harga 1.199 dollar AS (Rp 17,2 juta) untuk varian RAM 12 GB dan storage 128 GB. Kemudian Galaxy Note 20 Ultra kabarnya akan dibanderol 1.449 dollar AS (Rp 20,8 juta).

Meski demikian, informasi spesifikasi dan harga ini masih sekadar rumor belaka. Kita tunggu saja informasi lebih pastinya pada 5 Agustus nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com