Inikah Kelebihan Layar Galaxy Note 20 yang Tak Dimiliki Galaxy S20?

Kompas.com - 22/06/2020, 13:27 WIB
Render bocoran desain Galaxy Note 20 OnleaksRender bocoran desain Galaxy Note 20

KOMPAS.com - Aneka rumor tentang Samsung Galaxy Note 20 mulai marak beredar menjelang peluncurannya yang diduga akan digelar pada Agustus mendatang. 
Salah satunya yang terbaru dibeberkan oleh pembocor gadget Ice Universe di Twitter.

Dia antara lain menyebutkan bahwa layar Galaxy Note 20 mendukung refresh rate 120 Hz dan resolusi QHD Plus. Dua kemampuan ini sebenarnya sudah hadir di seri Galaxy S20 sebelumnya.

Namun, layar Galaxy Note 20 kabarnya bakal lebih canggih karena bisa mengaktifkan QHD Plus dan refresh rate 120 Hz secara bersamaan.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 dan Fold 2 Disebut Meluncur 5 Agustus

Kemampuan itu tidak dimiliki Galaxy S20, di mana pengguna hanya bisa menggunakan resolusi QHD Plus dengan refresh rate 60 Hz. Jika ingin menaikkan refresh rate ke angka 120 Hz, resolusi mesti diturunkan ke Full HD Plus.

Layar Galaxy Note 20 juga disebut bakal menggunakan jenis panel LTPO OLED yang lebih hemat baterai. Seperti Galaxy Note 10 tahun lalu, kabarnya seri Galaxy Note 20 akan terdiri dari dua model.

Kemungkinan, versi lebih tinggi akan menggunakan nama belakang "Utra" atau bisa saja tetap mengunakan kata "Plus" seperti pendahulunya. Untuk Galaxy Note 20 Ultra, dimensinya lebih tipis 0,3 mm dibanding versi reguler.

Lubang kamera depannya juga lebih kecil dengan diameter yang dipangkas 1mm. Bingkai atau bezel di sisi kanan dan kiri juga tipis dengan lebar 0,29 mm dibanding Galaxy Note 10 Plus. Sementara, bezel atas dan bawah memiiki lebar 0,4 mm.

Masih soal layar. Kabarnya Galaxy Note 20 akan mengusung rasio aspek 19,3:9. Apabila benar, Galaxy Note 20 akan lebih panjang dibanding Galaxy Note 10 yang memiliki rasio aspek 19:9.

Rasio aspek Galaxy Note 20 ini agak mendekati iPhone 11 Pro Max yang memiliki rasio 19,5:9, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Senin (22/6/2020).

Untuk varian lebih tinggi akan memiliki diagonal layar 6,87 inci. Belum diketahui apakah diagonal layar yang sama akan dipasang untuk Galaxy Note 20 versi reguler atau tidak. Sebelumnya beredar kabar bahwa bentang layar versi reguler adalah 6,4 inci.

Baca juga: Bocoran Kamera Galaxy Note 20 Plus, Bisa Zoom 50x

Selain layar, Ice Universe mengatakan bahwa Galaxy Note 20 akan ditenagai Snapdragon 865 Plus. Chip ini sepertinya hanya akan hadir di wilayah tertentu seperti Amerika Serikat. Sementara, versi internasional Galaxy Note 20 kemungkinan memakai Exynos 992.

Samsung sendiri belum mengeluarkan informasi resmi mengenai seri Galaxy Note 20. Kepastian dari rumor di atas agaknya baru akan diketahui pada saat perkenalan Galaxy Note 20 nanti. Di acara yang sama, Samsung kabarnya juga bakal meluncurkan Galaxy Watch 3.



Sumber GSM Arena
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X