Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Sebut Ada 3 Calon "Unicorn" Baru di Indonesia

Kompas.com - 09/07/2020, 20:47 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) menyebut bahwa hingga tahun 2024 mendatang, masih akan ada tiga unicorn baru yang muncul di Indonesia.

Isilah unicorn mengacu pada perusahaan rintisan (startup) yang memiliki nilai valuasi di atas 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,4 triliun.

"Target terhadap unicorn yang akan tumbuh di Indonesia masih tetap tiga," kata Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan melalui webinar yang diadakan Katadata, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Setengah dari Startup di Indonesia Diprediksi Tumbang Gara-gara Corona

Terlepas dari dampak penurunan ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19, Semuel tetap optimis bahwa Indonesia masih sanggup melahirkan unicorn baru. Ia menjelaskan, ketiga unicorn ini kemungkinan besar akan berasal dari sektor keuangan, pertanian, dan pendidikan.

"Sektor keuangan yang paling saya lihat. Apalagi adanya penggabungan dua perusahaan layanan keuangan, ini adalah potensi untuk menjadi unicorn," jelas Semuel.

Semuel juga menyebut, baru-baru ini sudah ada perusahaan startup  yang baru berubah status menjadi unicorn. Kendati demikian, ia masih enggan untuk mengungkap identitas perusahaan tersebut.

Semual mengatakan bahwa sektor digital memegang peranan penting sebagai kunci kemajuan perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. "Digital adalah solusi yang paling tepat dalam memasuki pembangunan ekonomi berikutnya," ujar dia.

Baca juga: Menkominfo Umumkan 6 Startup Penyedia Layanan WFH

Berdasarkan riset yang dilakukan Katadata pada 139 perusahaan startup di Indonesia selama Maret hingga Juni 2020, perusahaan unicorn di Indonesia mengalami penurunan valuasi pendapatan dalam periode tersebut.

"Unicorn dan centaur (startup dengan valuasi di atas 100 juta dollar AS atau Rp 1,4 triliun) skornya masih positif, skornya masih 0,9 itu masih hampir ke baik," jelas Direktur Riset Katadata Insight Center Mulya Amri.

Menurut Mulya, dampak penurunan ekonomi yang paling signifikan justru dirasakan oleh perusahaan-perusahaan startup kecil (cockroach), meski mereka diprediksi masih bisa bertahan hingga beberapa waktu ke depan.

"Semakin besar kondisi perusahaannya dia masih lebih stabil sehingga tidak sampai buruk-buruk sekali," tutur Mulya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com