Menkominfo Umumkan 6 Startup Penyedia Layanan WFH

Kompas.com - 23/03/2020, 18:03 WIB
Menkominfo Johnny Plate (tengah) bersama enam perwakilan startup di acara live streaming dukungan platform digital untuk social distancing yang digelar secara live di kanal YouTube Kemkominfo TV, Senin (23/3/2020). YouTube/KemkominfoTVMenkominfo Johnny Plate (tengah) bersama enam perwakilan startup di acara live streaming dukungan platform digital untuk social distancing yang digelar secara live di kanal YouTube Kemkominfo TV, Senin (23/3/2020).

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny Plate mengumumkan enam (6) startup yang siap untuk melayani masyarakat di tengah pandemi virus corona yang terus "menginfeksi" Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah Gojek, Grab, Bukalapak, Tokopedia, Halodoc, dan Ruangguru.

Menurut Johnny, sejumlah upaya yang dilakukan enam startup ini sejalan dengan arahan pemerintah, dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo, untuk meminimalisir dampak penyebaran wabah yang menyebabkan Corona Virus Disease ( Covid-19) itu.

Baca juga: Chatbot WhatsApp Covid-19 dari Pemerintah Sudah Bisa Diakses

"Gojek, Grab, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruangguru telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah sesuai dengan bidang layanannya masing-masing," ujar Johnny di acara konferensi pers online yang digelar Kominfo di kanal YouTube, Senin (23/3/2020).

Gojek dan Grab

Sintho Nugroho, Chief of Public Policy and Goverment Relation Gojek (kiri) dan Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs Grab Indonesia (kanan).YouTube/KemkominfoTV Sintho Nugroho, Chief of Public Policy and Goverment Relation Gojek (kiri) dan Tri Sukma Anreianno, Head of Public Affairs Grab Indonesia (kanan).

Gojek, diwakili oleh Chief of Public Policy dan Government Relation, Sintho Nugroho, mengatakan bahwa pihaknya menghadirkan sejumlah kebijakan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Salah satunya adalah contacless delivery untuk layanan GoFood yang memungkinkan mitra pengemudi meninggalkan makanan yang dipesan pelanggan di pagar rumah atau di resepsionis (apartemen/hotel).

Sintho juga mengimbau pengguna layanan Gojek agar membayar menggunakan GoPay, alih-alih uang fisik, serta turut memastikan bahwa akun mitra driver yang positif terkena Covid-19 bakal dibekukan untuk sementara waktu agar tidak berkeliaran melayani pelanggan.

Baca juga: Cara Mengakses Ruangguru secara Gratis dengan Kuota 30 GB Telkomsel

Sejalan dengan Gojek, Grab, diwakili oleh Tri Sukma Anreianno selaku Head of Public Affairs Grab Indonesia, juga menghadirkan layanan contactless untuk layanan GrabFood dan GrabDelivery agar mitranya tidak berhadapan langsung dengan pelanggan.

Pihaknya juga menghimbau agar pelanggan bisa memanfaatkan dompet digital Ovo agar tidak menggunakan uang fisik untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X