Hari Ini dalam Sejarah: Apple Rilis iBook, Laptop Pertama dengan Wi-Fi

Kompas.com - 21/07/2020, 17:02 WIB
Apple iBook G3. ComputerWorldApple iBook G3.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sebelum lini MacBook, Apple pernah memiliki jajaran laptop ikonik yang didesain unik serta tampil tampil menarik mata dengan aneka warna cerah. 

Perangkat bernama iBook tersebut diperkenalkan hari ini 21 tahun lalu, pada 22 Juli 1999, di ajang tahunan Macworld di Kota New York, Amerika Serikat (AS).

iBook dihadirkan untuk mengisi kekosongan di segmen consumer dan education yang menginginkan perangkat komputer yang bisa dibawa-bawa.

Baca juga: MacBook Air dan iPad Pro 2020 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

Sebelumnya, pilihan konsumen di segmen ini hanya terbatas perangkat komputer konvensional, seperti iMac G3 yang dirilis pada 15 Agustus 1998.

iBook varian warna blueberry dengan gagang yang menempel di engsel.CNN iBook varian warna blueberry dengan gagang yang menempel di engsel.

Seperti namanya, iBook sendiri merupakan komputer yang bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana layaknya sebuah buku dengan bobot yang tak lebih dari 3 kg.

"iBook adalah iMac yang bisa dibawa-bawa," kata CEO Apple, Steve Jobs, kala itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari New York Times, Selasa (21/7/2020).

Agar mudah dijinjing, Apple membekali laptop berukuran 12,1 inci itu dengan sebuah gagang (handle) yang ditempelkan di engsel layarnya.

iBook sendiri mengusung desain clamsell berbentuk membulat mirip kulit kerang, dan hadir dengan dua varian warna, yakni perpaduan antara putih dan oranye (tangerine), serta putih dan biru muda (blueberry).

Kedua laptop tersebut juga dibekali dengan logo ikonik Apple yang terpampang di tengah permukaan lid perangkat, serta keempat ujung sisi perangkat dengan bentuk melengkung (curved).

Laptop pertama di dunia dengan wi-fi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X