Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Google Dikabarkan Rayu Samsung agar Ganti Bixby dengan Assistant

Kompas.com - 02/08/2020, 16:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Google dikabarkan tengah merayu Samsung untuk melepaskan layanan asisten digital Bixby dan toko aplikasi Galaxy App Store yang terpasang di aneka perangkat bikinannya.

Sebagai gantinya, fungsi kedua layanan tersebut bakal digantikan sepenuhnya oleh Google Assistant dan Play Store.

Setidaknya begitu menurut laporan yang dilansir situs Bloomberg baru-baru ini. Laporan tersebut mengklaim bahwa kedua perusahaan tengah bernegosiasi untuk membuat suatu kesepakatan (deal) baru. 

Baca juga: Begini Cara Mematikan Tombol Bixby di Ponsel Samsung

Konon, topik yang didiskusikan berkaitan dengan fungsi Google di perangkat Samsung di kemudian hari, salah satunya adalah seputar penggunaan Assistant dan Play Store.

Pengguna Samsung juga diberikan kebebasan dan bisa memanfaatkan layanan Google Assistant serta memasang aplikasi lewat Play Store, meski sudah ada dua layanan terintegrasi tadi.

Nah, apabila negosiasi tadi terwujud, maka pengguna kemungkinan tidak bisa menggunakan Bixby dan Galaxy App Store lagi. Meski demikian, baik Samsung maupun Google tidak membenarkan laporan yang tersiar di ranah maya tersebut.

Baca juga: Samsung Buka Toko Aplikasi untuk Asisten Digital Bixby

"Seperti pembuat smartphone Android pada umumnya, Samsung bebas untuk membuat platform toko aplikasi dan layanan asisten digital besutannya sendiri," kata juru bicara Google seperti dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Minggu (2/8/2020).

Pihak Google kemudian melanjutkan bahwa mereka belum memiliki rencana untuk mengubah kebebasan yang diberikan kepada para vendor itu, termasuk terhadap Samsung.

"Kami tetap berkomitmen untuk mempertahankan layanan dan ekosistem kami," kata Samsung di situs yang sama. Kedua pihak hanya mengatakan bahwa mereka terus berdiskusi demi memberikan pengalaman terbaik untuk para pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Bloomberg


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke