Mengenal Teknologi Ultra Wideband yang Hadir di Galaxy Note 20 Series

Kompas.com - 08/08/2020, 14:03 WIB
Galaxy Note 20 SamsungGalaxy Note 20

KOMPAS.com - Galaxy Note 20 series yang dirilis beberapa waktu lalu, memiliki sejumlah peningkatan. Ada pula sebuah teknologi baru yang dibawa namun belum banyak dibicarakan, yakni Ultra Wideband (UWB). Apa itu?

Fungsi utama UWB adalah untuk melacak lokasi secara lebih presisi. Namun, UWB juga bisa digunakan untuk transfer data nirkabel selayaknya Bluetooth atau WiFi.

Beberapa teknologi memang menawarkan kemampuan pelacakan lokasi yang presisi, namun, UWB bisa memperkirakan jarak dengan akurat. Bahkan akurasinya mencapai 10 cm.

Teknologi UWB disebut lebih presisi ketimbang Bluetooth atau WiFi yang memanfaatkan kekuatan sinyal untuk menentukan jarak dan lokasi. UWB bisa dimanfaatkan untuk mengirim data dengan jangkauan sekitar 182 meter melalui frekuensi yang minim gangguan.

Namun, transfer data bukan tujuan utama penggunaan UWB. Teknologi tersebut akan lebih bermanfaat untuk meningkatkan koneksi perangkat Internet of Things dan ekosistem cerdas yang saat ini mulai menjadi tren.

Baca juga: Stylus S Pen di Galaxy Note 20 Series Makin Canggih, Seperti Apa?

Beberapa skenario yang mungkin bisa dilakukan dengan bantuan teknologi UWB di IoT misalnya, meminta smart assistant mengubah tayangan di Smart TV.

Bisa juga suatu saat nanti, orang-orang bisa memesan bahan makanan secara online melalui ponsel yang terhubung dengan tombol khusus di lemari es.

Semua skenario itu bisa jadi nyata dengan semua produk dilengkapi dengan teknologi UWB.

Dalam presentasi Galaxy Note 20 di Galaxy Unpacked kemarin, sempat disebutkan bahwa SmarThings menjadi bagian dari ekosistem yang lebih luas dari produk berteknologi UWB.

Namun, Samsung bukan satu-satunya vendor yang memiliki teknologi UWB. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Central, Sabtu (8/8/2020), Apple juga sudah memiliki teknologi ini di iPhone 11.

Baca juga: Kamera Galaxy Note 20 Ultra Punya Laser AF, Apa Fungsinya?

Apple berkolaborasi dengan BMW untuk membuat kunci pintar untuk mobil. Dengan kunci ini, mobil bisa diprogram untuk membuka kunci dan menyalakan mesin secara otomatis.

Kabarnya, Samsung sedang bekerja sama dengan Hyundai dan beberapa maufaktur lain untuk menerapkan teknologi serupa.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X