Awas, Update Lightroom Bisa Bikin Koleksi Foto Hilang

Kompas.com - 21/08/2020, 13:41 WIB
Ilustrasi logo Lightroom Android PoliceIlustrasi logo Lightroom

KOMPAS.com - Ribuan foto dan settingan presets pada software editing foto Adobe Lightroom dilaporkan lenyap tanpa jejak. Anehnya, hanya pengguna perangkat iOS saja yang mengalami kejadian tersebut.

Masalah ini pertama kali diungkap oleh salah satu pengguna internet, Mohamad Alif Eqnur. Berdasarkan postingan yang diunggah Eqnur di forum Photoshop, hilangnya foto dan presets Adobe Lightroom terjadi ketika Lightroom di perangkat iOS diperbaharui ke versi 5.4.

Seorang pengguna bahkan mengaku kehilangan seluruh foto dan presets yang telah ia kumpulkan selama dua tahun terakhir.

Baca juga: Adobe Perkenalkan Aplikasi Edit Foto Lightroom CC Berbasis Cloud

"Saya telah menghubungi layanan customer service selama empat jam dalam dua hari terakhir. Hasil edit foto selama dua tahun lebih hilang begitu saja karena Adobe," tulis pengguna Reddit Extraccount-13.

Hal tersebut kemudian dikonfirmasi secara langsung oleh pihak Adobe. Pihak perusahaan membenarkan pernyataan yang diunggah oleh Eqnur, yang menyebut bahwa masalah terjadi akibat pembaruan versi 5.4 pada perangkat iOS.

Masalah ini hanya dialami oleh pengguna iOS saja, sehingga tidak memengaruhi pengguna Lightroom di platform Android, PC, maupun Lightroom Classic.

Secara spesifik, Adobe menyebut bahwa hilangnya seluruh data pengguna hanya dialami oleh aplikasi Lightroom versi iOS yang tidak terhubung dengan layanan Lightroom Cloud.

Baca juga: Adobe Rilis Aplikasi Photoshop Khusus iPad

Dirangkum KompasTekno dari Peta Pixel, Jumat (21/8/2020), Adobe telah merilis pembaruan versi 5.4.1 namun seluruh data yang telah hilang tetap tidak dapat dipulihkan.

Pihak perusahaan kemudian meminta maaf kepada seluruh pengguna Lightroom yang telah dirugikan.

"Kami tahu bahwa beberapa foto dan presets milih pelanggan tidak dapat dipulihkan. Kami minta maaf sebesar-besarnya kepada semua pelanggan yang terpengaruh oleh masalah ini," tulis pihak Adobe dalam blog resminya.



Sumber Peta Pixel
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X