HTC Bikin Ponsel Lipat Mirip Galaxy Z Flip?

Kompas.com - 01/10/2020, 06:56 WIB
Ilustrasi ponsel lipat HTC. LetsGoDigitalIlustrasi ponsel lipat HTC.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Gaung HTC belakangan ini tak terlalu terdengar. Namun, produsen ponsel asal Taiwan tersebut dikabarkan tengah mempersiapkan ponsel lipat (foldable) bermodel clamshell yang mirip dengan Galaxy Z Flip.

Dokumen paten yang menjelaskan soal perangkat tersebut diajukan oleh HTC ke kantor paten  World Intellectual Property Office (WIPO) pada tahun 2019. WIPO kemudian mempublikasikannya pada 20 Agustus lalu.

Situs pembocor teknologi asal Belanda, LetsGoDigital pun merancang ilustrasi perangkat yang ada di dalam paten itu dengan serangkaian gambar render 3D CAD.

Berdasarkan deretan gambar tersebut, ponsel lipat HTC memang tampak menyerupai Galaxy Z Flip, dengan engsel (hinge) yang menopang bagian belakang tengah layar dan dilipat secara horizontal.

Baca juga: Kangen Keluarga, CEO HTC Yves Maitre Mengundurkan Diri

Ketika ponsel lipat ini dibentangkan, tampilannya bakal menyerupai sebagian besar smartphone masa kini dengan form factor persegi panjang, dilengkapi dengan lubang kamera (punch hole) yang mejeng di bagian tengah atas layar.

Kemudian, ketika dilipat, ponsel ini bakal berbentuk persegi dan agaknya bisa dengan mudah dimasukkan ke saku kemeja atau celana, lantaran ukurannya menjadi lebih ringkas.

Desain paten ponsel lipat HTC.LetsGoDigital Desain paten ponsel lipat HTC.

Meski demikian, ponsel lipat HTC ini tampaknya hanya bisa dilipat ke arah luar (outward) saja, tidak bisa dilipat ke dalam (inward) seperti Galaxy Z Flip.

Artinya, ketika dilipat, layar utama ponsel bakal terbagi menjadi dua dan saling memunggungi satu sama lain, bukan tertutup seperti buku.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 2 Dijual Rp 33 Juta di Indonesia, Pre-order Mulai Hari Ini

Karena masih berupa paten, ada kemungkinan ponsel lipat HTC ini adalah produk uji coba perusahaan yang belum tentu bakal terwujud menjadi produk komersil.

Belum diketahui pula bagaimana spesifikasi lainnya dari ponsel tersebut lantaran paten ini hanya menggambarkan sosoknya saja.

Yang jelas, dokumen paten yang menyeruak ini turut mencantumkan informasi bahwa ponsel lipat tersebut sedang dalam tahap awal pengembangan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Kamis (1/10/2020).

Apabila terwujud, perangkat ini konon merupakan salah satu upaya HTC untuk bangkit kembali di industri smartphone pada 2025 mendatang. Kita nantikan saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X