Sony Terancam Tidak Bisa Pakai Nama PS5 di India

Kompas.com - 13/10/2020, 08:59 WIB
Controller DualSense (kiri) dan konsol PS5 (kanan). SonyController DualSense (kiri) dan konsol PS5 (kanan).
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sony berencana merilis konsol terbarunya, PlayStation 5 ( PS5), pada 12 November mendatang di sejumlah negara. Namun, rencana peluncuran tersebut tampaknya tak akan berjalan mulus di India.

Pasalnya, perusahaan asal Jepang ini terancam tidak bisa memakai nama "PS5" di negara tersebut. Hal itu disebabkan sudah ada orang yang mematenkan nama "PS5" di India sebelum Sony.

Ialah Hitesh Aswani, seorang warga India yang mendaftarkan hak paten untuk merek PS5 pada 29 Oktober 2019 di kantor paten India (IPINDIA).

Berdasarkan dokumen paten yang bisa dilihat di tautan berikut, dijelaskan bahwa pengajuan paten nama "PS5" oleh Hitesh ditujukan untuk digunakan pada mesin game arcade, konsol, hingga sejumlah alat olah raga.

Sedangkan Sony, mengajukan hak paten untuk nama PS5 di India pada 6 Februari 2020, alias beberapa bulan setelah Hitesh mematenkan merek tersebut.

Baca juga: Beda dari PS4, PS5 Ternyata Senyap dan Adem

Paten ditentang

Agar bisa menggunakan nama PS5 di India, Sony telah mengambil sejumlah langkah, termasuk "menentang" paten yang didaftarkan Hitesh.

Sebab, dokumen paten yang diajukan warga asal India tersebut, berikut dokumen paten yang diajukan Sony terkait merek PS5, kini berstatus "Opposed" alias ditentang. Artinya, kedua belah pihak belum bisa memakai nama PS5 untuk saat ini.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheMakoReactor, Selasa (13/10/2020), status "Opposed" sendiri akan muncul jika ada pihak ketiga yang mempermasalahkan sebuah merek dagang.

Atau, jika merek dagang yang dipatenkan seseorang/perusahaan serupa dengan merek lainnya. Status tersebut juga bakal muncul apabila merek yang didaftarkan tidak memiliki nilai keunikan tersendiri.

Baca juga: Pre-order PS5 Kacau, Sony Minta Maaf

Wajar saja lantaran nama PS5 mungkin sudah tidak asing lagi lantaran Sony kerap menggunakan nama "PS" diikuti dengan nomor di belakangnya untuk penamaan konsol game besutan mereka, seperti PS1 hingga PS4.

Belum diketahui kapan merek PS5 bakal bisa dipakai di India, berikut bagaimana penyelesaian sengketa paten ini.

Jika Sony berhasil mengambil alih nama PS5 kembali, maka dokumen paten yang mereka ajukan tadi bakal berubah statusnya menjadi "Advertised".



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X