Kominfo Sebut Kapasitas Mesin CEIR Masih Cukup

Kompas.com - 12/10/2020, 16:40 WIB
ilustrasi IMEI reuters.comilustrasi IMEI

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) menyebut kapasitas mesin Central Equipment Identity Register ( CEIR) sudah kembali lega.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Informatika Kemenkominfo, Ismail mengatakan mesi CEIR berjalan normal dan "baik-baik saja".

Ismail mengonfirmasi data IMEI perangkat handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT) produksi dan impor terbaru, sampai dengan tanggal 10 Oktober, sudah dimasukan ke mesin CEIR.

Ismail juga mengatakan kapasitas mesin CEIR saat ini masih cukup menampung data IMEI perangkat baru.

Baca juga: Kapasitas Mesin CEIR Sudah Lega, Vendor Ponsel Bisa Input IMEI Lagi

"Kapasitas mesin CEIR saat ini mencukupi untuk menerima data terbaru," kata Ismail dalam keterangan resmi.

Dihubungi KompasTekno beberapa waktu lalu, Ismail tidak menutup peluang untuk menambah kapasitas mesin CEIR, baik secara cloud atau hardware. Namun rencana itu belum akan direalisasikan dalam waktu dekat.

"Kita optimalkan dulu yang ada sampai optimal benar pemanfaatannya," katanya melalui sambungan telepon kepada KompasTekno, Jumat (2/10/2020).

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Tulus Abadi mengimbau agar semua pihak yang terlibat dalam regulasi pemblokiran ponsel ilegal lewat aturan IMEI bertanggung jawab atas implementasi regulasi. Termasuk peningkatan infrastruktur apabila diperlukan.

"Mesin CEIR tanggung jawab pemerintah dalam hal ini Kemkominfo dan Kemenperin, kalau penuh harus ditambah kapasitasnya dong. Jangan menghambat ekomomi dan hak konsumen," ujar Tulus melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (12/10/2020).

Tulus meminta agar konsumen tidak dirugikan akibat masalah yang ditimbulkan regulasi ini.
Untuk diketahui, kapasitas mesin CEIR yang ada saat ini bisa menampung 1,2 miliar data IMEI. Namun, sekitar akhir September lalu kapasitasnya dilaporkan sudah terisi 95 persen.

Baca juga: Kominfo Pastikan Blokir Ponsel BM Tetap Berjalan Meski Input IMEI Terkendala

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X