Penggunaan BTS Combat Diperluas hingga ke Wilayah Terpencil

Kompas.com - 19/10/2020, 16:09 WIB
Infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT) di Desa Pasiah Laweh, Sumatera Barat. Inisiatif tersebut memudahkan masyarakat dalam menikmati akses jaringan broadband.
Dok TelkomselInfrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT) di Desa Pasiah Laweh, Sumatera Barat. Inisiatif tersebut memudahkan masyarakat dalam menikmati akses jaringan broadband.

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel mengandalkan infrastruktur Compact Mobile BTS ( COMBAT) untuk membuka akses konektivitas di daerah-daerah terpencil.

Hal ini dilakukan agar manfaat jaringan internet semakin tersebar luas dan merata, terutama dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui pemanfaatan teknologi digital.

Di area Sumatera, Telkomsel menghadirkan layanan 4G di Desa Pasiah Laweh, Sumatera Barat, dengan memanfaatkan infrastruktur BTS COMBAT.

Baca juga: Telkomsel Punya Lebih dari 1.200 BTS di Lokasi Ibu Kota Baru

Sebelumnya, masyarakat di desa itu harus menuju lokasi bernama “Kelok HP” di pinggir jalan puncak bukit untuk mendapatkan konektivitas internet yang memadai.

Pendekatan serupa pun diterapkan Telkomsel dalam memastikan ketersediaan jaringan 4G di Desa Woloklibang, Nusa Tenggara Timur. Penggunaan COMBAT juga dipilih karena kondisi geografis wilayah yang cukup menantang.

Butuh satu jam perjalanan laut dan tiga jam perjalanan darat untuk sampai di Desa Woloklibang dari Kota Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Telkomsel juga menanggapi kesulitan akses internet di Desa Petir, Daerah Istimewa Yogyakarta terhalang oleh banyaknya perbukitan, dengan memasang alat penguat sinyal (repeater) khusus.

Penanganan khusus turut dilakukan Telkomsel di Desa Nain, Sulawesi Utara. Desa yang berada di pulau kecil di sebelah utara Taman Nasional Bunaken tersebut kini dapat menikmati layanan 4G berkat peningkatan transmisi dan teknologi, dengan mengalihkan akses yang sebelumnya melalui satelit menjadi lewat IP Radio.

Baca juga: Empat Prioritas Utama untuk 5G di Indonesia

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan bahwa Telkomsel menaruh perhatian yang besar terhadap pemerataan layanan telekomunikasi di seluruh Indonesia.

Berbagai inisiatif seperti Telkomsel Merah Putih telah hadir sebagai solusi yang memberikan solusi bagi masyarakat untuk menikmati standar kualitas jaringan yang sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya

"Semangat ini yang akan kami terus bawa dalam memperluas kehadiran jaringan broadband terdepan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat di Tanah Air,” ujar pria yang akrab disapa Abe itu dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (19/10/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X