iPhone dengan Layar Lipat Mulai Dijajal?

Kompas.com - 20/11/2020, 09:11 WIB
Logo Apple GizmochinaLogo Apple
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Rumor keberadaan ponsel layar lipat Apple sudah beredar sejak lama. Kabar terbaru mengatakan Apple mulai mengujicoba iPhone layar lipat dan diperkirakan akan meluncur pada September 2022.

Kabar tersebut muncul dari media asal China, Economic Dialy News, yang mendapat informasi dari sumber dalam industri. Menurut sumber, Apple telah mengirimkan ponsel layar lipatnya kepada Foxconn selaku pabrikan rekanan.

Perusahaan juga disebut tengah melakukan evaluasi untuk jenis layar yang digunaan. Ada dua pilihan layar yakni OLED atau Micro-LED. Sebab, layar tersebut juga akan memengaruhi metode perakitan.

Baca juga: Apple Mulai Selipkan Iklan di iPhone dan iPad?

Apple juga disebut telah meminta Foxconn untuk menguji bagian engsel perangkat dengan lebih dari 100.000 tes buka-tutup.

Jumlah pengujian ini melebihi tes serupa untuk perangkat laptop. Biasanya, bagian engsel laptop diuji coba dengan cara dibuka dan ditutup antara 20.000 hingga 30.000 kali.

Belum ada informasi lebih lanjut tentang ponsel layar lipat Apple ini, termasuk desain dan spesifikasi lain.

Meski demikian, laporan mengatakan bahwa Samsung akan menjadi supplier panel layar dari perangkat tersebut. Hal ini menguatkan rumor yang sebelumnya sudah beredar di mana Apple disebut telah membeli sampel layar lipat dari Samsung.

Dua layar terpisah?

Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Jumat (20/11/2020), pembocor gadget kenamaan, Jon Prosser, sebelumnya juga mengatakan bahwa Apple tengah merancang prototipe iPhone lipat.

Menurut Prosser, iPhone ini memiliki dua layar yang terpisah yang disambungkan oleh sebuah engsel. Ini berbeda dengan Samsung Galaxy Fold yang memiliki satu layar besar yang dapat ditekuk.

Baca juga: Video Musik Terbaru Billie Eilish Ternyata Direkam Pakai iPhone

Prosser juga mengatakan, iPhone lipat ini memiliki tepian yang membulat dengan bahan stainless steel, mirip dengan iPhone 11. iPhone lipat ini tidak akan memiliki notch, melainkan sebuah ruang kecil untuk sensor Face ID.

Rumor keberadaan iPhone lipat ini sebenarnya sudah muncul sejak 2016 lalu. Akan tetapi, hingga saat ini Apple belum menelurkan satu pun ponsel layar lipat.

Sementara itu, pabrikan Android seperti Samsung dan Huawei sudah mulai merilis sejumlah perangkat dengan layar lipat sejak akhir 2019.



Sumber MacRumors
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X