Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Kompas.com - 11/12/2020, 11:00 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peminat smartphone kini dimanjakan dengan banyaknya tawaran yang ada di pasaran. Perangkat dari beragam kategori dan jenjang harga siap memenuhi kebutuhan calon konsumen.

Banyaknya pilihan acapkali justru membuat bingung. Kira-kira smartphone mana yang sebaiknya dipinang? Supaya tak salah pilih, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan smartphone dambaan yang sesuai dengan kebutuhan, Vivo membagikan beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Ketahui kebutuhan Anda

Sebelum menemukan perangkat yang sesuai kebutuhan, tentu Anda harus menentukan terlebih dahulu kebutuhan seperti apa yang ingin dipenuhi. Dalam hal ini, prioritas masing-masing pengguna akan berbeda karena pola aktivitas yang beda pula.

Baca juga: Vivo Y51 Mulai Dijual di Indonesia, Ini Bonus-bonusnya

Beberapa orang mungkin menghendaki daya tahan tinggi untuk telekonferensi, sementara lainnya lebih mengutamakan kemampuan kamera mumpuni untuk foto-foto, atau merekam video.

Karena itu, pastikan smartphone pilihan Anda nantinya akan bisa mengakomodir keperluan Anda.

2. Tentukan anggaran

Setelah mengetahui kebutuhan, selanjutnya Anda bisa mengalokasikan berapa dana yang tersedia untuk keperluan membeli smartphone.

Dengan mengetahui besaran budget, Anda juga bisa mempersempit cakupan opsi yang tersedia, sehingga bisa lebih mudah menentukan pilihan yang sesuai dengan dana dan kebutuhan.

Misalnya, apakah akan cukup puas dengan smartphone entry level atau ingin membeli produk di segmen yang lebih tinggi? Seperti juga kebutuhan, alokasi dana ini pun berbeda-beda untuk tiap orang.

3. Cermati spesifikasi ponsel

Spesifikasi ponsel berkorelasi secara langsung dengan kebutuhan yang mampu dipenuhinya. Misalnya, baterai besar tentu akan menunjang daya tahan perangkat, sementara rangkaian kamera yang tersedia akan menentukan opsi eksplorasi fotografi dan videografi.

Jangan lupakan juga kapasitas media penyimpanan agar Anda bisa menyimpan banyak file, konten, atau aplikasi sesuai kebutuhan, serta kapasitas RAM yang besar pula agar ponsel tetap responsif saat dipakai sehari-hari.

Baca juga: Menilik Fitur Khusus Video di Vivo V20 SE Aquamarine Green

Di sinilah letak pentingnya mencermati spesifikasi perangkat. Anda juga bisa membandingkan spesifikasi dengan perangkat lain di kisaran harga serupa, untuk menemukan mana yang kira-kira memberikan value terbaik.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com