Layanan Down, Google Dominasi Trending Topic di Twitter

Kompas.com - 14/12/2020, 19:50 WIB
Ilustrasi YouTube cnet.comIlustrasi YouTube

KOMPAS.com - Sejumlah layanan Google antara lain YouTube, Gmail, Google Drive, hingga Google Maps dilaporkan bermasalah pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 18.55 WIB.

Tumbangnya layanan ini dengan cepat menjadi perbincangan di dunia maya. Para pengguna layanan Google tersebut melontarkan keluh kesah mereka di Twitter.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, sejumlah aplikasi mobile dari layanan tersebut memang tidak bisa diakses. Seperti salah satunya YouTube. Halaman utama hanya menampilkan keterangan "There was a problem with the server [503]".

Baca juga: YouTube, Gmail, Play Store Down!

Para pengguna YouTube pun beramai-ramai curhat hal tersebut di Twitter. Beberapa dari mereka mengira bahwa koneksi internet pada ponselnya tidak stabil sehingga tidak bisa mengakses video YouTube.

Tagar YouTubeDOWN jadi trending topic di TwitterKOMPAS.com/ConneyStephanie Tagar YouTubeDOWN jadi trending topic di Twitter

Sebagian dari mereka yang menyertakan tagar #YouTubeDOWN sehingga menjadi trending topic. Tagar ini masih memuncaki trending topic Twitter di Indonesia hingga sekitar pukul 19:25 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain tagar #YouTubeDown, kata kunci "Google" dan "Gmail" juga turut bertengger di trending topic twitter.

Pihak YouTube melalui akun Twitter-nya membenarkan bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube. Tim kami telah menyelidiki masalah tersebut. Kami akan memberi update secepatnya terkait permasalahan ini," jelas YouTube.

Baca juga: YouTube Error, Ini Tanggapan YouTube

 

Menurut pantauan KompasTekno, layanan YouTube sendiri kini sudah berangsur normal mulai sekitar pukul 19:35 WIB.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.