Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selfie dan Foto-foto, Smartphone Ini Juaranya Menurut Pembaca

Kompas.com - 19/01/2021, 15:16 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone masa kini pasti memiliki kamera, minimal sebanyak dua buah: kamera utama di belakang, dan kamera depan untuk menjepret selfie. Sebab, memotret adalah salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan pemilik gadget.

Meski demikian, tak semua smartphone sama baiknya dalam hal kemampuan memotret karena konfigurasi kamera dan kemampuan hardware yang berbeda-beda pula.

Nah, untuk membantu konsumen dalam membuat keputusan, dalam event Produk Pilihan Indonesia atau Pop ID yang digelar beberapa waktu lalu, KompasTekno menyuguhkan lima smartphone pilihan dengan kamera andal.untuk keperluan fotografi.

Para pembaca kemudian diajak memilih mana di antaranya yang menjadi favorit di kategori Smartphone Terbaik untuk Selfie dan Foto-foto, lewat sebuah polling yang dilakukan Pop ID mulai 4 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Pemenangnya ternyata adalah Galaxy S20 FE dari Samsung yang meraih 40,5 persen dari total suara masuk sejumlah 358 untuk kategori ini.

Setelah Galaxy S20 FE, posisi berikutnya secara berturut-turut diduduki oleh Oppo Reno4 Pro dengan 28,5 persen suara, Vivo X50 Pro dengan 15,4 persen, Realme X3 Super Zoom dengan 8,9 persen, dan Xiaomi Poco F2 Pro dengan 6,7 persen.

Sekilas tentang Galaxy S20 FE

Samsung Galaxy S20 FESamsung Samsung Galaxy S20 FE
Meski tidak memiliki fitur yang sangat menonjol, Galaxy S20 FE adalah pilihan "aman" karena ponsel ini bisa dibilang mampu melakukan segala hal dengan cemerlang, termasuk untuk urusan potret memotret.

Rangkaian kamera yang ditanamkan Samsung di Galaxy S20 FE pun memiliki kemampuan yang bisa diandalkan, mencakup kamera utama 12 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), dan kamera telephoto 8 MP (f/2.4, optical zoom 3x).

Di depan, di dalam sebuah punch hole mungil yang terdapat di bagian atas layar, ada kamera selfie dengan resolusi 32 MP (f/2.20).

Di luar fotografi, Galaxy S20 FE turut dibekali hardware sekelas ponsel flagship, mencakup System-on-Chip Exynos 990, RAM 8 GB, media penyimpanan 128 GB, serta baterai 4.500 mAh yang mendukung fast charging 15 watt.

Ponsel ini pun memberikan kinerja kelas atas saat dipakai untuk berbagai keperluan lain seperti bekerja dengan multi-tassking maupun bermain game.

Banderol Galaxy S20 FE merupakan yang paling terjangkau di antara ponsel lainnya dari lini Galaxy S20 besutan Samsung. Di Indonesia, Galaxy S20 FE dijual seharga Rp 9.999.000.

Baca juga: Kesan Pertama Memegang Samsung Galaxy S20 FE, Apa yang Spesial?

Para juara kategori lain

Digelar lewat kerja sama KG Media dan Google, Pop ID bertujuan memberikan referensi pilihan untuk mempermudah konsumen dalam memilih produk gadget dan elektronik sesuai kebutuhan.

Setiap produk dalam masing-masing ketegori merupakan pilihan yang dinilai paling menarik oleh KompasTekno, sementara pemenangnya adalah favorit konsumen yang meraih suara terbanyak dalam polling Pop ID.

Selain kategori Smartphone Terbaik untuk Selfie dan Foto-foto, KompasTekno telah menyajikan para pemenang untuk tiga kategori lainnya dalam polling Pop ID, yaitu:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com