Galaxy S21 Ultra Bisa "Pinjam" Stylus S Pen Galaxy Note

Kompas.com - 21/01/2021, 18:37 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan dukungan S Pen. (Dok. Samsung) Samsung Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan dukungan S Pen.

KOMPAS.com -  Samsung Galaxy S21 Ultra merupakan model tertinggi di keluarga seri Galaxy S21. Salah satu fitur yang menjadi sorotan di Galaxy S21 Ultra adalah dukungan stylus (pena digital) S Pen khas Samsung.

Ini merupakan pertama kalinya Samsung membekali seri Galaxy S dengan stylus S Pen yang selama ini hadir di Galaxy Note.

Dukungan penggunaan stylus ini eksklusif hadir untuk Galaxy S21 Ultra. Sementara Galaxy S21 Reguler dan Galaxy S21 Plus belum bisa menggunakan S Pen.

Berbeda dengan Galaxy Note, Galaxy S21 Ultra tidak memiliki ruang khusus untuk menempatkan S Pen. Alhasil, S Pen hanya bisa diselipkan di kompartemen yang ada di case khusus.

Selain itu, kemampuan S Pen di Galaxy S21 Ultra berbeda dengan S Pen di Galaxy Note. Kemampuan S Pen di Galaxy S21 Ultra masih terbatas karena tidak dilengkapi dengan Bluetooth Low Energy (BLE).

Dengan BLE, S Pen di Galaxy Note bisa berfungsi sebagai pengontrol kamera dari jarak jauh. S Pen dengan BLE hadir pertama kali lewat Galaxy Note 9.

Saat ini, S Pen di Galaxy S21 Ultra baru bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di aplikasi Samsung Notes. S Pen juga bisa berfungsi untuk menggulirkan layar atau menavigasi aplikasi.

Menurut Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, S Pen di S21 Ultra meski belum dibekali BLE tetap mempunyai banyak fitur berguna.

"Selain menulis dan menggambar, S Pen juga bisa untuk mengedit file PDF, Audio Bookmark, Translate, Smart Select, Screen Write, dan AR," jelas Taufiq saat dihubungi KompasTekno, Kamis (21/1/2021).

S Pen untuk Galaxy S21 Ultra akan dijual secara terpisah. Meski demikian, pengguna Galaxy S21 Ultra bisa "meminjam" atau memanfaatkan S Pen milik Galaxy Note. Taufiq memastikan bahwa S Pen Galaxy Note 10 dan Note 20 kompatibel dengan Galaxy S21 Ultra.

Baca juga: Deretan Fitur Baru di Samsung Galaxy S21 Ultra

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X