Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2021, 18:37 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S21 Ultra merupakan model tertinggi di keluarga seri Galaxy S21. Salah satu fitur yang menjadi sorotan di Galaxy S21 Ultra adalah dukungan stylus (pena digital) S Pen khas Samsung.

Ini merupakan pertama kalinya Samsung membekali seri Galaxy S dengan stylus S Pen yang selama ini hadir di Galaxy Note.

Dukungan penggunaan stylus ini eksklusif hadir untuk Galaxy S21 Ultra. Sementara Galaxy S21 Reguler dan Galaxy S21 Plus belum bisa menggunakan S Pen.

Berbeda dengan Galaxy Note, Galaxy S21 Ultra tidak memiliki ruang khusus untuk menempatkan S Pen. Alhasil, S Pen hanya bisa diselipkan di kompartemen yang ada di case khusus.

Selain itu, kemampuan S Pen di Galaxy S21 Ultra berbeda dengan S Pen di Galaxy Note. Kemampuan S Pen di Galaxy S21 Ultra masih terbatas karena tidak dilengkapi dengan Bluetooth Low Energy (BLE).

Dengan BLE, S Pen di Galaxy Note bisa berfungsi sebagai pengontrol kamera dari jarak jauh. S Pen dengan BLE hadir pertama kali lewat Galaxy Note 9.

Saat ini, S Pen di Galaxy S21 Ultra baru bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di aplikasi Samsung Notes. S Pen juga bisa berfungsi untuk menggulirkan layar atau menavigasi aplikasi.

Menurut Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, S Pen di S21 Ultra meski belum dibekali BLE tetap mempunyai banyak fitur berguna.

"Selain menulis dan menggambar, S Pen juga bisa untuk mengedit file PDF, Audio Bookmark, Translate, Smart Select, Screen Write, dan AR," jelas Taufiq saat dihubungi KompasTekno, Kamis (21/1/2021).

S Pen untuk Galaxy S21 Ultra akan dijual secara terpisah. Meski demikian, pengguna Galaxy S21 Ultra bisa "meminjam" atau memanfaatkan S Pen milik Galaxy Note. Taufiq memastikan bahwa S Pen Galaxy Note 10 dan Note 20 kompatibel dengan Galaxy S21 Ultra.

Baca juga: Deretan Fitur Baru di Samsung Galaxy S21 Ultra

Ketersediaan S Pen 21 Ultra

Taufiq mengatakan bahwa S Pen khusus untuk Galaxy S21 Ultra mulai tersedia di Indonesia pada akhir Januari 2021. Pada kesempatan yang sama, Samsung juga akan memperkenalkan seri Galaxy S21 versi reguler.

"S Pen akan tersedia akhir bulan Januari ini bersamaan dengan peluncuran resmi Galaxy S21 Series 5G. Belum bisa kita info fix tanggalnya," ujar Furqan.

S Pen untuk Galaxy S21 Ultra akan dijual secara terpisah. S Pen tersebut akan dijual bersama dengan back cover. Ada dua jenis cover yang tersedia, yakni 5G Smart Clear View Antimicrobial Cover dan Silicon Cover.

Galaxy S21 Ultra 5G Smart Clear View Antimicrobial Cover memiliki "jendela" layar untuk menampilkan informasi tanggal, waktu, dan notifikasi. Sementara cover lainnya, sesuai nama, terbuat dari bahan silikon.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com