Target Terlampaui, Disney Plus Siap-siap Naikkan Harga Langganan

Kompas.com - 15/02/2021, 13:27 WIB
Ilustrasi Disney Plus Hotstar. DisneyIlustrasi Disney Plus Hotstar.

KOMPAS.com - The Walt Disney Company (Disney) baru-baru ini mempublikasikan laporan keuangan perusahaan untuk kuartal I-2021 yang berakhir pada 2 Januari 2021 lalu.

Salah satu yang menjadi highlight dalam laporan ini ialah adanya lonjakan pelanggan Disney Plus, sehingga jumlah pelanggan yang ditargetkan diraih dalam 4 tahun sudah tercapai hanya dalam kurun waktu sekitar 14 bulan.

Saat platform video on-demand itu diluncurkan pada November 2019, para investor Disney Plus berharap sebanyak 90 juta pelanggan dalam empat tahun ke depan, atau tepatnya hingga 2023.

Namun, dalam laporan kuartal I-2021, target awal itu nyatanya sudah tercapai, bahkan terlampaui. Disney Plus sekarang sudah memiliki 94,9 juta pelanggan dari seluruh dunia.

Baca juga: Pelanggan Disney Plus Hotstar Lampaui Netflix di Indonesia

Jumlah ini meningkat 8,9 juta jika dibandingkan dengan laporan Disney pada Desember 2020 yang mencatat 86 juta pelanggan.

Karena target awal telah berhasil tercapai, para investor Disney Plus merevisi target empat tahunan Disney Plus. Pada 2024, Disney Plus diharapkan memiliki 230-260 juta pelanggan.

Peningkatan pelanggan Disney Plus ini kemungkinan besar didorong oleh dirilisnya beberapa judul-judul film dan serial TV populer, antara lain seperti film Soul besutan Pixar, serial The Mandalorian, hingga serial WandaVision besutan Marvel Studios.

Di samping rumah produksi Pixar dan Marvel Studios, pelanggan juga bisa menikmati deretan judul film dan serial besutan aneka studio ternama yang berada di bawah payung Walt Disney lainnya, termasuk Disney, Pixar, Star Wars, National Geographic, hingga 20th Century Fox.

Harga langganan Disney Plus bakal naik

Secara keseluruhan, pendapatan Disney dari bisnis streaming on demand  (termasuk layanan Hulu dan ESPN Plus) ini naik 73 persen dari tahun ke tahun dengan pendapatan 3,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 48,9 triliun).

Kendati demikian, pendapatan bulanan rata-rata dari pelanggan Disney Plus berbayar dilaporkan turun dari 5,56 dollar AS (Rp 77.776) menjadi 4,03 dollar AS (Rp 56.373).

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X