Pelanggan Disney Plus Hotstar Lampaui Netflix di Indonesia

Kompas.com - 20/01/2021, 18:01 WIB
Disney+Hotstar shutterstockDisney+Hotstar

KOMPAS.com - Platform video on demand Disney Plus Hotstar belum genap enam bulan dirilis di Indonesia. Namun, layanan streaming film itu begitu cepat menarik perhatian pencinta film Tanah Air.

Menurut laporan terbaru dari firma riset Media Partners Asia, Disney Plus Hotstar menguasai pasar layanan video berlangganan di Indonesia dengan total pelanggan berbayar 2,5 juta, terpaut jauh dibanding pengguna berbayar Netflix yang mencapai 850.000 pengguna.

Netflix juga masih kalah dari platform asal Hong Kong, Viu yang memiliki 1,5 juta pengguna berbayar. Sementara itu, Vidio berada di urutan ketiga dengan 1,1 juta pengguna berbayar.

Selain harga yang bersaing dengan Netflix, pilihan film lokal yang lebih banyak dan model kemitraan dengan Telkomsel menjadi salah satu faktor pendongkrak jumlah pengguna Disney Plus Hotstar.

Baca juga: Satu Tahun Dirilis, Disney Plus Punya 73 Juta Pelanggan

Kemitraan Telkomsel dan Disney Plus Hotstar sudah dimulai sejak bulan September 2020, tepat ketika Disney Plus Hotstar dirilis di Indonesia. Kemitraan ini membuat pengguna Telkomsel lebih mudah berlangganan Disney Plus Hotstar.

Begitu pula dengan Viu yang menawarkan beragam pilihan berlangganan dengan aneka harga mulai Rp 15.000 per bulan dengan kemudahan pembayaran yang dilakukan via dompet digital seperti GoPay dan OVO.

Berbeda dengan Netflix yang sejauh ini mengharuskan penggunaan kartu kredit untuk berlangganan. Viu dan Video, di sisi lain terus mengalami peningkatan jumlah pengguna mobile.

Keduanya memiliki layanan freemium, di mana penonton bisa menyaksikan film atau serial dengan gratis dengan subsidi iklan. Vidio mendapat keuntungan dari drama lokal orisinil dan Viu memanfaatkan serial drama Korea yang memang pasarnya cukup besar di Indonesia.

Jumlah pengguna berbayar melonjak

Riset Media Partners Asia juga mengungkap peningkatan jumlah pengguna layanan streaming film yang signifikan di Indonesia.

Halaman:


Sumber Variety
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X