Diupgrade, Toilet Umum di Jepang Bakal Pakai Tombol Hologram

Kompas.com - 18/02/2021, 12:09 WIB
Tombol pada toilet Jepang rencananya diganti dengan panel hologram. UbergizmoTombol pada toilet Jepang rencananya diganti dengan panel hologram.

KOMPAS.com -Toilet umum di Jepang terkenal akan kecanggihannya. Dilengkapi tombol-tombol untuk menyiram (flush), tutup toilet terbuka/tertutup otomatis, dudukan berpenghangat, blow dryer, bidet otomatis, hingga wastafel di atas toilet.

Kini, toilet umum tersebut bakal dipercanggih lagi, dengan mengganti tombol-tombol fisik tersebut menjadi tombol hologram.

Perusahaan Jepang bernama Murakami Corporation sedang mempertimbangkan membuat toilet dengan tombol hologram itu, dengan alasan agar lebih higienis.

Baca juga: Lebih Jorok dari Dudukan Toilet, Smartphone Jadi Sumber 5 Masalah Kulit Ini

Selama ini, tombol fisik di toilet umum disentuh bergantian oleh setiap orang yang menggunakannnya. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, setiap orang harus menjaga kebersihan.

Ilustrasi tombol fisik pada toilet JepangAll About Japan Ilustrasi tombol fisik pada toilet Jepang

Agar pengguna atau petugas tidak terus-terusan membersihkan tombol toilet satu per satu, Murakami Corporation ingin tombol fisik itu diganti dengan panel hologram.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Murakami telah menjalin kemitraan dengan Parity Innovations untuk menghasilkan panel holografik yang melayang di udara. Panel ini menggunakan sensor inframerah untuk mendeteksi gerakan jari.

Baca juga: Toilet di Jepang Sediakan Tisu Khusus Pembersih Layar Ponsel

Ketika panel hologram "disentuh" oleh pengguna, sensor akan dapat mendeteksi fitur apa yang ditekan oleh pengguna dan mengaktifkannya.

Sebenarnya teknologi ini tidak terbatas untuk toilet saja, panel hologram juga bisa diterapkan di fasilitas-fasilitas umum lainnya, misalnya mesin ATM, lift, dan sebagainya.

Murakami Corporation berharap produksi panel hologram ini dapat diproduksi secara massal pada 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari UberGizmo, Kamis (18/2/2021).

Jepang memang menjadi salah satu negara di mana inovasi bidang teknologi banyak bermunculan. Bahkan pada 2020 lalu, Jepang dinobatkan sebagai negara nomor satu yang memiliki keahlian teknologi terbaik di dunia oleh US News.

Baca juga: Cegah Pencurian Tisu, China Pasang Pemindai Wajah di Toilet Umum

Banyak teknologi elektronik dan robot yang lahir dan berkembang di Jepang, di antaranya seperti kamera ponsel, laptop, televisi elektronik, kereta peluru (shinkansen), mobil berbahan bakar hidrogen, termasuk toilet berteknologi tinggi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X