Google Chrome Versi Terbaru Lebih Hemat Memori

Kompas.com - 15/03/2021, 07:33 WIB
Ilustrasi Google Chrome forbes.comIlustrasi Google Chrome
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Browser Chrome bikinan Google selama ini dikenal rakus memori. Untuk mengatasi masalah tersebut, baru-baru ini Google merilis pembaruan Chrome versi 89 untuk Windows, Mac, dan Android.

Dalam pembaruan kali ini, Google menggunakan PartitionAlloc untuk sedikit memperbaiki persoalan boros memori tersebut. PartitionAlloc merupakan memory allocator yang dioptimalkan untuk latency, efisiensi, dan sekuriti.

Google mengklaim penghematan memori yang dihasilkan oleh update Chrome 89 mencapai 22 persen untuk process peramban di Windows 10, 8 persen di renderer, dan 3 persen di penggunaan GPU.

Baca juga: Chrome Bisa Intip Isi Situs Web Sebelum Dibuka, Begini Caranya

Selain itu, menurut Google, Chrome kini lebih "pintar" dalam membebaskan ruang memori, dengan cara memangkas memori di tab foreground yang sudah tidak dipakai, misalnya gambar di situs yang tak lagi terlihat karena pengguna sudah scrolling ke bawah.

"Chrome sekarang bisa membebaskan (memori) hingga 100 MiB per tab, atau lebih dari 20 persen di beberapa situs populer," tulis Chrome Product Manager Mark Chang di blog Chromium, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Senin (15/3/2021).

Peningkatan serupa juga diterapkan di Chrome 89 untuk MacOS, meski tidak sebesar Windows. Google mengatakan penghematan oleh background tab mengurangi pemakaian memori hingga 8 persen di MacOS.

Nilai Apple Energy Impact untuk tab di background ini juga diklaim meningkat sebesar 65 persen sehingga ikut mengurangi panas dan suara bising kipas di komputer Mac.

Sementara itu di Android, Chrome kini disebut lebih stabil, lebih hemat memori sebesar 5 persen, dan lebih cepat 7,5 persen saat startup.

Baca juga: Chrome Versi Baru Menolak Jalan di Komputer Tua

Chrome versi mobile juga bisa melakukan startup hingga 13 persen lebih cepat dengan Freeze-Dried Tab, yaitu tab versi "ringan" yang tampilannya serupa screenshot tab yang bersangkutan, tapi bisa di-scroll, zoom, dan di-klik.

Freeze-Dried Tab dimunculkan lebih dulu supaya sebuah tab bisa lebih cepat ditampilkan, sementara isi tab yang sebenarnya dimuat di latar belakang. Demonstrasinya bisa dilihat dalam video di link berikut.



Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X